Kompas TV nasional politik

Pilpres dan Pileg Selesai, Parpol Mulai Persiapkan Kader Buat Pilkada Serentak di November 2024

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 21:20 WIB
pilpres-dan-pileg-selesai-parpol-mulai-persiapkan-kader-buat-pilkada-serentak-di-november-2024
Foto ilustrasi. Baliho Ridwan Kamil yang memunculkan tulisan OTW Jakarta menjadi pembicaraan viral di media sosial. Ada yang mengasumsikan Baliho Ridwan Kamil sinyal untuk maju di Pilkada DKI November 2024, tetapi lewat akun Instagram pribadinya Ridwan mengklarifikasi baliho tersebut bukan untuk sosialisasi menuju Pilkada serentak 2024, Rabu (29/2/2024). (Sumber: Instagram Ridwan Kamil)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai politik kini mulai mempersiapkan kader terbaiknya untuk maju di Pilkada Serentak 2024. 

Dalam jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tahapan Pilkada 2024 akan dimulai pada 5 Mei mendatang untuk pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan. Untuk pendaftaran calon pasangan kepala daerah, dibuka pada 27 Agustus tahun ini. 

Ada sejumlah nama yang dimunculkan partai untuk menjadi calon kepala daerah. Partai Golkar misalnya, mengusulkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan dan Airin Rachmi Diany maju di Pilkada 2024. 

Di luar partai, Golkar memasukkan nama menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi Bobby Nasution sebagai kandidat calon Gubernur Sumatera Utara dan Khofifah Indar Parawansa, calon gubernur Jawa Timur. 

Untuk DKI Jakarta, ada dua kader yang menjadi pertimbangan Golkar. Yakni Ridwan Kamil dan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki. Ridwan Kamil juga diproyeksikan oleh Golkar maju di Pilkada Jawa Barat.

Baca Juga: TNI Siap Dukung Pengamanan Pilkada Serentak 2024, Ratusan Ribu Personel Disiapkan

"Kami akan melihat Saudara Ridwan Kamil saat ini kami kasih 2 surat tugas, satu di DKI Jakarta dan di Jabar. Tentu kami akan lihat, mana peluang yang paling menang," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024). 

Di Partai Gerindra ada nama Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

Pengalaman sebagai mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta membuat Ahmad Riza sebagai calon terkuat yang dimiliki Gerindra untuk bertarung di Pilgub DKI Jakarta. 

Partai NasDem sudah memasukkan nama Bendahara Umum mereka Ahmad Sahroni dan Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta sebagai kandidat calon gubernur DKI Jakarta.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengklaim NasDem sudah siap bertarung di Pikada DKI Jakarta. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x