Kompas TV nasional rumah pemilu

Koalisi Perubahan Sepakat Lanjutkan Kerja Sama untuk Pilkada 2024

Kompas.tv - 16 Maret 2024, 15:44 WIB
koalisi-perubahan-sepakat-lanjutkan-kerja-sama-untuk-pilkada-2024
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem DKI Wibi Andrino dan Ketua DPW PKS DKI Khoirudin di kantor DPP NasDem di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2024). (Sumber: Kompas.com/Muhammad Isa Bustomi)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai-partai anggota Koalisi Perubahan, pengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pemilihan Presiden (pilpres) 2024 sepakat melanjutkan kerja sama untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem DKI Wibi Andrino dalam kegiatan buka puasa bersama di Kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (15/3/2024) mengatakan hal itu berdasarkan arahan DPP.

"Arahan dari DPP khususnya Nasdem berharap, koalisi yang dibangun di tingkat nasional bisa juga dibangun di tingkat daerah," ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Khoirudin mengatakan, partainya bersama Nasdem dan PKB bersepakat untuk berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Baca Juga: KPU Kebut Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu dan Pilpres 2024, Optimis Selesai pada 20 Maret

Berlanjutnya koalisi partai pengusung Anies-Muhaimin, kata Khoirudin, dapat merebut kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta periode 2024-2029.

"Kami ingin menguatkan dan mengokohkan kembali untuk merebut Jakarta, dari koalisi nasional ke koalisi gubernur Jakarta. Insyaallah," ujar Khoirudin kepada wartawan, Jumat, dikutip Kompas.com.

Ia juga mengatakan bahwa  perolehan suara PKS yang besar dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPRD DKI Jakarta 2024 menjadi modal untuk memenangkan Pilkada.

Hal itu juga diperkuat dengan perolehan suara PKB dan Nasdem pada Pileg 2024, setelah mengusung pasangan Anies-Muhaimin di Pilres.

“Kami akan sekuat tenaga untuk legislatif dan gubernur menang. Sehingga perubahan Jakarta akan mudah. Karena eksekutif dan legislatif insyaallah kita akan kuasai bersama," kata Khoirudin.

PKS DKI Jakarta pun,  lanjut dia, masih sangat mungkin untuk mengusung sosok Anies Baswedan sebagai Cagub DKI Jakarta 2024.



Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x