Kompas TV nasional humaniora

Jelang Mudik, Masyarakat Bisa Lakukan Vaksinasi Booster degan Indovac, Segini Harganya

Kompas.tv - 10 Maret 2024, 07:25 WIB
jelang-mudik-masyarakat-bisa-lakukan-vaksinasi-booster-degan-indovac-segini-harganya
Ilustrasi. Jelang mudik Lebaran 2024, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) mendorong Kementerian Kesehatan untuk menganjurkan masyarakat menjalani vaksin booster Covid-19. (Sumber: Alain Jocard, Pool via AP, File)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang mudik Lebaran 2024, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) mendorong Kementerian Kesehatan untuk menganjurkan masyarakat menjalani vaksin booster Covid-19.

PAPDI merekomendasikan vaksin buatan Bio Farma, IndoVac, sebagai vaksin booster.

Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, Soekamto Koesno mengatakan, waktu ideal bagi masyarakat yang ingin vaksinasi booster Covid-19 minimal dua minggu hingga satu bulan sebelum keberangkatan.

"Kalau kita bicara waktu yang tepat ideal itu sebetulnya sekitar 28 hari atau 1 bulan itu sebelum resiko tertular. Jadi 28 hari itu hampir 100 persen orang divaksin muncul antibodi secara memadai," kata Soekamto dikutip dari laman Kementerian BUMN, Sabtu (9/3/2024). 

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang tidak masuk dalam kriteria kelompok rentan, imunisasi Covid-19 merupakan pilihan mandiri.

Baca Juga: Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini Daftar 14 Vaksin yang Masuk Imunisasi Dasar Rutin Kemenkes

Vaksinnya bisa didapatkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Penasihat Satgas Imunisasi PAPDI Samsuridjal Djauzi menekankan pentingnya imunisasi lanjutan vaksinasi Covid-19. Hal tersebut dilakukan karena masih adanya penyebaran Covid-19 pada beberapa wilayah di Indonesia.

Ia berujar, pemerintah bekerja sama dengan tenaga kesehatan untuk menyuplai vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Vaksin yang diberikan ini dianggap mampu mengatasi penularan virus Covid-19 di Indonesia.

Efektivitas program imunisasi lanjutan ini juga mampu mencegah penularan sekitar 70 persen.

"Vaksin jenis ini sudah melewati tahapan uji klinis yang tinggi. Hasilnya memiliki manfaat tinggi dan keamanannya terjamin," ujarnya. 

"Sudah memiliki izin edar dari BPOM juga,” sambungnya. 

Baca Juga: Catat! Peserta Mudik Gratis Kemenhub yang Tak Validasi Ulang, NIK-nya akan Diblok

Kepala Departemen Komunikasi Komersial Nasional Bio Farma, Edwin Pringadi menyampaikan, vaksinasi booster Covid-19 mandiri sudah mulai dijalankan per 1 Januari 2024 lalu.

"IndoVac telah memperoleh fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama,” terang Edwin.

Ia menyebut, Bio Farma telah menyiapkan 4 juta dosis vaksin IndoVac untuk keperluan vaksin mandiri. Untuk vaksinasi mandiri bisa didapatkan di faskes jaringan Biofarma Group seperti Imunicare dan Kimia Farma Diagnostik.

Vaksinasi mandiri ini dipatok dengan harga kisaran Rp200.000 hingga Rp250.000.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x