Kompas TV nasional peristiwa

Tinjau Lapangan buat Upacara Kemerdekaan di IKN, Presiden Jokowi: Fisiknya Tidak Ada Masalah

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 12:01 WIB
tinjau-lapangan-buat-upacara-kemerdekaan-di-ikn-presiden-jokowi-fisiknya-tidak-ada-masalah
Presiden Joko Widodo meninjau langsung lapangan upacara berikut Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meninjau langsung lapangan upacara berikut Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Peninjauan lapangan upacara ini untuk mengecek kesiapan pelaksanaan upacara peringatan ke-79 kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Presiden Jokowi menilai hingga saat ini tidak ada masalah berarti berkaitan dengan pembangunan fisik infrastruktur tersebut di IKN. 

Tak hanya itu, Presiden memastikan upacara dan acara peringatan kemerekaan RI sudah dirancang secara detail

"Enggak ada masalah. Fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini, kemudian acara juga sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetail itu sudah di bulan Januari sudah hampir final," ujar Presiden kepada awak media di kawasan IKN, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Persiapan Upacara HUT RI di IKN Sudah Hampir Final

Sementara itu, terkait dengan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, Kepala Negara menyebut bahwa pemindahan akan dilakukan secara bertahap seiring dengan penyiapan fasilitas pendukung bagi ASN.

"Misalnya, perumahan yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga semua ini harus mengelola, manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan," jelasnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan optimismenya IKN akan menjadi kota yang hidup dalam satu dekade ke depan. 

"Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita," ujar Jokowi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x