Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi: Persiapan Upacara HUT RI di IKN Sudah Hampir Final

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 22:14 WIB
presiden-jokowi-persiapan-upacara-hut-ri-di-ikn-sudah-hampir-final
Presiden Joko Widodo menjelaskan rencana penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) usai groundbreaking sejumlah infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02/2024). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur dipilih menjadi tempat penyelenggaraan upacara HUT ke-79 kemerdekaan RI. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan rencana penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), sudah sangat detail.

Lokasi untuk acara dan kapasitas yang diperluas sudah dibahas dengan sangat terperinci. Bahkan, dari laporan uang diterima, persiapan HUT ke-79 kemerdekaan RI sudah hampir final.

"Jadi fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini, kemudian acara sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetail itu sudah, di bulan Januari sudah hampir final," ujar Presiden Jokowi, usai groundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02/2024).

Baca Juga: Pemerintah Bakal Buka 250 Ribu Formasi CPNS Penempatan IKN, Berikut Kriterianya

Presiden menjelaskan progres pembangunan infrastruktur dasar dan penunjang di IKN saat ini berjalan dengan baik agar proses perpindahan Ibu Kota baru bisa berjalan bertahap. 

Presiden memperkirakan, dalam 10 tahun ke depan, Ibu Kota Nusantara akan menjadi kota yang hidup. Bahkan rencananya, Presiden Jokowi akan mulai berkantor di IKN. 

Hal tersebut sejalan dengan target mulai beroperasinya IKN pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 RI.

"Saya nunggu airport dan jalan tol-nya jadi," ujar Jokowi. 

Jokowi memaparkan, jika infrastruktur bandara dan jalan tol telah selesai dibangun, maka waktu tempuh dari Bandara Nusantara ke IKN hanya 15 menit.

Baca Juga: Jokowi Harap Upacara HUT RI 2024 Digelar di IKN: Bapak Ibu Setuju?

Pembangunan jalan tol juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke IKN dari semula sekitar dua jam menjadi sekitar 45 menit.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x