Kompas TV nasional politik

Direkomendasi untuk Maju Pilkada DKI, Ahmad Riza Tunggu Perintah Prabowo

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 23:37 WIB
direkomendasi-untuk-maju-pilkada-dki-ahmad-riza-tunggu-perintah-prabowo
Ahmad Riza Patria memberikan sambutan pada hari terakhirnya sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta pada acara perpisahan bertajuk Terima Kasih Jakarta di Balai Kota, Minggu (16/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/gading)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria tidak bisa memberi jawaban pasti soal kemungkinan dirinya akan maju di Pilkada serentak 2024.

Sebelumnya, nama Ahmad Riza masuk dalam rekomendasi PD Tunas Indonesia Raya (Tidar) DKI Jakarta, organisasi sayap Partai Gerindra untuk maju di Pilgub DKI. 

Riza menjelaskan, keputusan untuk siapa yang akan maju di Pilkada DKI Jakarta ada di tangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini memilih menunggu perintah partai, dibanding harus berspekulasi bahwa dirinya akan ditugaskan untuk berkompetisi di Pilkada DKI Jakarta. 

"Sejak partai berdiri dan ikut mendirikan partai hingga hari ini terus berjuang. Saya pribadi tak pernah meminta jabatan di Partai Gerindra. Dan kami tidak terbiasa dan tidak dibiasakan untuk meminta jabatan," ujar Riza, Kamis (29/2/2024). 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Baliho OTW Jakarta Bukan untuk Pilgub DKI tapi Buat R1

Riza menambahkan dari pengalamannya, tidak satu pun jabatan yang didapat hasil dari permintaan pribadi.

Seperti menjadi Caleg dan terpilih menjadi anggota DPR pada 2014-2019 dan 2019-2024 merupakan perintah dari partai. 

Begitu juga jabatan wakil gubernur DKI Jakarta yang dijalankannya mulai April 2020 – Oktober 2022.

Riza meyakini kader yang patuh dan taat sama keputusan partai, maka jalan menuju tugas yang diberikan akan mulus. 

Untuk itu jugalah Riza memilih menyerahkan semua keputusan siapa yang ditugaskan untuk menjadi calon gubernur DKI kepada pimpinan partai.

Baca Juga: Nama-Nama yang Berpotensi Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024: Ahok, Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil

"Saya sendiri, dulu diajak oleh pimpinan partai, Pak Prabowo, Pak Sufmi Dasco, dan Pak Hashim dan lain-lain. Alhamdulillah terpilih (anggota DPR) pada tahun 2014, lalu ditunjuk menjadi wakil pimpinan komisi II, saya tidak minta ditunjuk. Kemudian terpilih lagi di 2019. Kemudian malah ditunjuk juga sebagai Wagub DKI. Semua itu yang memutuskan adalah pimpinan partai," ujar Riza. 

Nama Riza Patria muncul dalam unggahan akun Instagram PD Tunas Indonesia Raya (Tidar), @pd.tidar.dkijakarta. PD Tidar adalah organisasi sayap Partai Gerindra di daerah.

Dalam unggahan akun itu terdapat foto dan nama Riza beserta tiga orang lain yang merupakan kader Partai Gerindra.

Ketiga kader Partai Gerindra itu yakni Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Adnan Taufiq, dan Agung Subyakto.

"Pilkada DKI Jakarta sebentar lagi segera dimulai. Kontestasi ini merupakan ajang pemilihan secara langsung pemimpin kota Jakarta periode 2024-2029. Berikut adalah 4 kader terbaik yang dimiliki Gerindra DKI Jakarta," tulis keterangan di unggahan akun tersebut.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x