Kompas TV nasional rumah pemilu

Nama-Nama yang Berpotensi Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024: Ahok, Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 14:26 WIB
nama-nama-yang-berpotensi-maju-di-pilkada-dki-jakarta-2024-ahok-anies-baswedan-hingga-ridwan-kamil
Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Ridwan Kamil. Saat ini ada delapan nama yang berpeluang maju Pilkada DKI Jakarta 2024, termasuk Anies Baswedan, Ahok, dan Ridwan Kamil.  (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah tokoh politik seperti Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil berpotensi untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Seperti yang diketahui, Pilkada serentak tahun 2024 akan diselenggarakan pada November mendatang. Pemilihan Gubernur DKI Jakarta menjadi salah satu daerah yang tentunya bakal menjadi sorotan.

Sejauh ini sejumlah nama telah muncul menjadi yang terdepan untuk menjadi kandidat calon Gubernur DKI Jakarta.

Lantas siapakah nama-nama tersebut? Berikut rangkumannya.

PDI-P Berpeluang Usung Ahok

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menilai PDI-P berpeluang mengusung kadernya sendiri pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Kemungkinan duet yang bakal dimunculkan adalah kembalinya pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Meski begitu, Agung menyebut PDI-P juga berpeluang mengusung duet lain yairu Tri Rismaharini-Abdullah Azwar Anas.

Kedua pasangan tersebut, Ahok-Djarot dan Risma-Azwar, dinilai cocok karena sama-sama punya pengalaman sebagai kepala daerah.

"Secara personal, ada kemungkinan duet Ahok-Djarot bisa mengemuka kembali. Walaupun peluang Tri Rismaharini dan Abdullah Azwar Anas tetap besar," kata Agung dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (27/2/2024).

"Karena ke semuanya punya pengalaman sebagai kepala daerah," imbuhnya.

Baca Juga: Bicara Soal Nasib Ridwan Kamil di Pilkada 2024, Golkar Dorong Kembali Maju di Jabar

Agung melanjutkan, dua pasangan tersebut sama-sama berpotensi maju Pilkada DKI Jakarta 2024. Namun, menurut dia, Rizma-Azwar lebih unggul karena kebanyakan warga DKI Jakarta belum move on dari Pilkada 2017.

"Sama-sama berpotensi. Tapi Risma-Azwar Anas atau Azwar Anas-Risma lebih unggul menimbang sebagian memori kolektif masyarakat ibu kota belum move on dengan Pilkada 2017," jelas Agung.

Anies Baswedan Maju Lagi di Pilkada DKI Jakarta 2024?

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, memprediksi Anies Baswedan akan kembali maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dedi menilai, Anies bisa saja diusung kembali oleh parpol yang kini mengusungnya di Pilpres 2024, yakni PKS, NasDem, dan PKB.

"Anies Baswedan berpeluang kembali ikuti kontestasi DKI Jakarta. Partai pengusung Anies bisa saja tetap, yakni PKS, bisa juga mendapat sokongan PKB dan NasDem," ujar Dedi dilansir dari Tribunnews.com, Selasa (27/2).

Meski demikian, Dedi menyebut Anies juga bisa berisiko mendapat perlawanan seperti saat maju capres. Terlebih, saat Pilkada serentak berlangsung, Joko Widodo atau Jokowi masih menjabat sebagai presiden.

"Meskipun bisa saja akan mengalami perlawanan serupa seperti Pilpres kemarin. Terlebih Jokowi masih menjabat sebagai Presiden pada saat proses kontestasi berlangsung," sebutnya.

NasDem Ajukan 3 Nama

Meski disebut berpeluang untuk mendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024, NasDem ternyata punya nama-nama tersendiri untuk direkomendasikan maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) NasDem, Hermawi Taslim, mengungkapkan ada tiga nama yaitu Wibi Andrino, Okky Asokawati, dan Ahmad Sahroni.

Baca Juga: Pengamat: Ahmad Sahroni Harus Kerja Keras jika Ingin Maju dalam Pilkada DKI Jakarta



Sumber : Tribunnews, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x