Kompas TV nasional hukum

Mengarah Pembunuhan Berencana, Yudha Ternyata Cek CCTV di Kolam Renang sebelum Tenggelamkan Dante

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 18:52 WIB
mengarah-pembunuhan-berencana-yudha-ternyata-cek-cctv-di-kolam-renang-sebelum-tenggelamkan-dante
Adegan rekonstruksi yang dilakukan Yudha Arfandi di TKP kejadian kematian Dante, Rabu (28/2/2024) (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tersangka Yudha Arfandi sempat tidak mengakui adanya adegan ketika dirinya melakukan pengecekan soal lokasi kamera pemantau atau CCTV di lokasi tewasnya Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante, yakni kolam renang Palem, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Hal itu terungkap pada adegan ke-13 dalam rekonstruksi kasus pembunuhan anak dari artis Tamara Tyasmara yang berusia enam tahun tersebut.

"Pada saat posisinya sudah menuju ke kolam renang, ada satu adegan, tersangka tidak mengakui telah mengakses melalui browsing di internet untuk mengecek di lokasi, apakah ada CCTV atau tidak," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira Satya Triputra di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga: Polisi Siapkan 49 Reka Adegan Rekonstruksi Kematian Dante dengan Tersangka Yudha Arfandi

Namun, Wira menjelaskan, pada kenyataannya, tersangka Yudha Arfandi mengakses atau mencari informasi di internet tentang ada atau tidaknya CCTV di sekitar kolam renang itu. 

"Ini, kita bisa buktikan dengan hasil pemeriksaan dari analis digital bahwa pada adegan ke-13 yaitu pada jam 15.11 WIB, tersangka YA mencari di internet dan mengakses CCTV Kolam Renang Palem dengan menggunakan telepon selulernya,” ujar Wira.

“Ini berdasarkan keterangan dari ataupun hasil pemeriksaan dari analis digital.”

Wira menambahkan, analisis digital tersebut menjadi bahan pertimbangan dalam penerapan pasal terhadap tersangka.

"Ini sebagai bahan nantinya kita mempertimbangkan dalam penerapan pasal, khususnya dalam penerapan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, " ucapnya.


Baca Juga: Sambil Terisak, Tamara Tyasmara Ikut Jalani Beberapa Adegan Rekonstruksi Kematian Dante

Wira juga menyebutkan, rekonstruksi ini diharapkan bisa memberikan gambaran tentang peristiwa yang terjadi mulai dari awal sampai nantinya korban masuk kolam renang.

Kemudian, lanjut Wira, ketika korban ditenggelamkan dan akhirnya diangkat sampai kemungkinan nanti menuju ke rumah sakit.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyiapkan sedikitnya 49 adegan rekonstruksi kematian anak Tamara Tyasmara, Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante (6) di dua lokasi berbeda, yakni Polda Metro Jaya dan Kolam Renang Palem Jalan Raya Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Terdapat 49 adegan, lokasi pertama dilaksanakan di Polda Metro Jaya mulai pukul 10.00-12.00 WIB dengan adegan nomor dua sampai 12," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Kemudian, untuk adegan nomor 1, 14-49C dilaksanakan tempat kejadian perkara (TKP) Kolam Renang Palem Jalan Raya Pondok Kelapa, Jakarta Timur sekitar pukul 13.30-16.30 WIB.

Baca Juga: Tamara Tyasmara Enggan Ungkap Hubungannya dengan Yudha Arfandi, Benarkah Ia Terjebak Hubungan Toxic?

Sementara itu, ibu korban yakni Tamara Tyasmara hadir dalam rekonstruksi tersebut.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x