Kompas TV nasional rumah pemilu

Gelar PSU di Kuala Lumpur, KPU Gunakan Metode Kotak Suara Keliling dan TPS

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 07:00 WIB
gelar-psu-di-kuala-lumpur-kpu-gunakan-metode-kotak-suara-keliling-dan-tps
Ilustrasi pemilu. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia akan dilakukan pada Sabtu (9/2/2024) dan Minggu (10/2/2024) menggunakan dua metode.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers perkembangan penyelenggaraan Pemilu 2024, Selasa (27/2/2024).

Hasyim mengatakan, pada intinya pihaknya menargetkan rekapitulasi penghitungan suara di Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) harus sudah selesai sebelum rekap nasional selesai.

“Sementara ini, pada intinya targetnya adalah rekapitulasi penghitungan suara di PPLN harus sudah selesai sebelum rekapitulasi nasional selesai,” jelasnya, dikutip dari YouTube Kompas TV.

Baca Juga: Pilpres Belum Usai, Mengapa Jokowi Bahas Makan Siang Gratis? Begini Kata Pengamat Politik

“Ini gambaran awal, rencananya untuk pemungutan suara metode PSU kotak suara keliling akan dilaksanakan Sabtu, 9 Maret 2024. Kemudian untuk metode TPS akan digelar pada Hari Ahad atau Minggu 10 Maret 2024,” katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah petugas akan mengawal kotak suara pada pelaksanaan PSU dengan metode kotak suara keliling (KSK).

“Setelah selesai kemudian disampaikan ke PPLN sehingga besok harinya kalau pemungutan suara sudah selesai metode TPS maka penghitungan suaranya akan dilaksanakan bersamaan dengan metode TPS,” tambahnya.

“Diharapkan 12 Maret sudah ada rekap hasil hitung suara untuk PPLN Kuala Lumpur, sehingga nanti bisa melengkapi laporan rekapitulasi untuk pemilu luar negeri,” tutur Hasyim.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x