Kompas TV nasional politik

Hari Ini, Jokowi Akan Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 08:48 WIB
hari-ini-jokowi-akan-lantik-ahy-jadi-menteri-atr-bpn
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan dilantik menjadi Menteri ATR/BPN. (Sumber: Humas DPP Partai Demokrat. )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan pelantikan untuk dua posisi menteri, yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepada Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Rabu (21/2/2024).

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan bahwa Jokowi akan melantik dua menteri pada hari ini. Namun, ia tidak menyebutkan nama-nama yang akan dilantik.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," ujar Ari, Selasa (20/2).

Baca Juga: Nama AHY Masuk Kabinet Indonesia Maju Gantikan Posisi Hadi Tjahjanto, Ini Kata Istana

Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyampaikan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan masuk ke dalam kabinet Jokowi untuk menjadi Menteri ATR/BPN.

Menurut Gaus, AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang akan dilantik menjadi Menko Polhukam.

Kursi Menko Polhukam sendiri saat ini diisi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) usai Mahfud MD mundur.

“Jabatan (Hadi) yang lama ini diisi oleh AHY, kenapa AHY? Demokrat kan sekarang sudah bergabung dengan Pak Jokowi,” ujar Guspardi.

Kompas.com melaporkan, berdasarkan informasi dari seorang sumber di Istana, AHY dikonfirmasi akan dilantik menjadi Menteri ATR/BPN hari ini.

Jokowi juga membenarkan bahwa akan ada pelantikan pejabat baru di Istana pada hari Rabu.

“Besok ditunggu jam 10, besok dilihat jam 10,” ucap Jokowi di Ancol pada Selasa kemarin.

Baca Juga: Andi Arief soal AHY Dikabarkan Jadi Menteri ATR/BPN: Kalau Negara Meminta, Pasti Siap

Sementara itu, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan juga tidak membantah bahwa AHY akan dilantik menjadi Menteri ATR/BPN.

“Kalau buat saya amin. Pokoknya amin, sesuatu yang baik itu diaminkan,” ucap Syarief, Selasa.


 

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x