Kompas TV nasional rumah pemilu

Caleg DPRD Bondowoso yang Sempat Tawarkan Ginjalnya demi Dana Kampanye, Hanya Raih 43 Suara

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 20:22 WIB
caleg-dprd-bondowoso-yang-sempat-tawarkan-ginjalnya-demi-dana-kampanye-hanya-raih-43-suara
Erfin Dewi Sudanto, caleg DPRD Bondowoso, Jawa Timur, yang sempat menawarkan ginjalnya untuk dana kampanye Pemilu 2024. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

BONDOWOSO, KOMPAS.TV - Calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Erfin Dewi Sudanto, yang sempat menawarkan ginjalnya untuk mendanai kampanyenya pada Pemilu 2024, hanya mampu meraup sedikit suara.

Berdasaran penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan 56,42 persen suara masuk per Selasa (20/2/2024) pukul 20.00 WIB, Erfin hanya mendapat 43 suara.

Caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun mengaku pasrah dengan hasil Pemilu 2024.

Baca Juga: 12 Anggota Timses Caleg Daftar Konsultasi Kesehatan Mental di RSUD Tamansari Jakarta Barat

Pria berusia 47 tahun itu mengaku sudah berusaha maksimal sebelum pemungutan suara digelar. Namun, ia menduga dirinya kalah karena politik uang.

Erfin mengakui praktik politik uang tidak bisa dihindari dalam Pemilu 2024. Praktik tersebut dinilainya terjadi di pemilihan tingkat DPRD, DPR, hingga DPD.

"Money politic tak bisa dihindari, sedangkan saya modal apa adanya, akhirnya tumbang," katanya, Selasa (20/2/2024).

Erfin mengatakan usahanya untuk memikat hati masyarakat kalah dengan politik uang. Terlebih, dia bertarung dengan caleg-caleg bermodal kuat di daerah pemilihannya, Dapil 1 Bondowoso, seperti caleg petahana Sinung Sudrajad dari PDI Perjuangan (PDIP) dan Kukuh Rahardjo dari Golkar.

Kata Erfin, ia mau mengikuti pemilihan anggota DPRD setelah ditawari. Ia ditawari karena dikenal baik dan memiliki basis massa di daerah pemilihannya.



Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x