Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Akui Reshuffle Kabinet Besok Rabu Pon, Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN?

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 18:42 WIB
jokowi-akui-reshuffle-kabinet-besok-rabu-pon-lantik-menko-polhukam-dan-menteri-atr-bpn
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024, di Jakarta, Selasa (20/2/2024). Jokowi membenarkan akan melantik Menkopolhukam dan Menteri Agraria/Kepala BPN, Rabu (21/2). (Sumber: Kompas.tv/Yashinta Difa)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengaku akan mengumumkan perombakan (reshuffle) kabinet pada Rabu (21/2/2024) besok. Namun, Jokowi enggan merinci siapa yang akan dilantik menjadi menteri.

Hal tersebut disampaikan Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan soal isu pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Besok ditunggu saja jam 10.00 (WIB)," kata Jokowi usai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Jakarta, Selasa (20/2), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana mengonfirmasi bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan melantik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) besok Rabu (21/2).

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menkopolhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," kata Ari Dwipayana, Selasa (20/2) petang saat dikonfirmasi Kompas.tv.

Baca Juga: PDIP Siap Jadi Oposisi, Gibran: Monggo

Meskipun demikian, Ari enggan merinci siapa yang akan dilantik Jokowi menjadi Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN oleh Jokowi. Ari meminta publik untuk menunggu pengumuman Jokowi besok.

“Kita tunggu besok, ya," kata Ari.

Selain pelantikan dua menteri, Ari Dwipayana menyebut Presiden Jokowi juga akan menghadiri acara pengucapan sumpah/janji anggota Komisi Kejaksaan di tempat dan hari yang sama dengan pelantikan Menkopolhukam dan Menteri Agraria/BPN.

Sebelumnya, beredar isu bahwa Jokowi akan melantik Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam. Sedangkan jabatan Menteri ATR/BPN di kabinet Jokowi diprediksi akan dijabat oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Isu reshuffle kabinet tersebut juga didengar oleh berbagai pihak di pemerintahan. Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengaku mendengar informasi bahwa AHY akan menjadi Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto menjadi Menko Polhukam.

"Jabatan Menteri ATR/BPN menjadi kosong dan informasi yang saya dapatkan benar yang bakal mengisinya AHY. Mengapa AHY? Karena sekarang ini sudah bagian daripada pemerintahan Jokowi mendukung paslon nomor urut 2," kata Guspardi kepada KompasTV, Selasa (20/2).

Hari Rabu (21/2) besok pun bertepatan dengan weton Pon. Selama menjabat sejak 2014, Jokowi diketahui kerap mengumumkan keputusan-keputusan penting terkait kabinet pada hari Rabu Pon.

Baca Juga: Respon Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh, Anies: Kami Tetap Konsisten di Koalisi Perubahan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x