Kompas TV nasional rumah pemilu

Respon Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh, Anies: Kami Tetap Konsisten di Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 13:49 WIB
respon-pertemuan-jokowi-dan-surya-paloh-anies-kami-tetap-konsisten-di-koalisi-perubahan
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan visi dan misi dalam debat capres terakhir di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada Minggu (18/2/2024). 

Menurut dia, pertemuan itu tak lantas membuat Koalisi Perubahan bubar, karena dirinya melihat Partai Nasdem tetap konsisten berada di dalam koalisi tersebut. 

Diketahui, Koalisi Perubahan itu merupakan gabungan partai politik (parpol) dari Nasdem, PKS dan PKB.

Baca Juga: PKS soal Jokowi Ketemu Surya Paloh: Komunikasi Silakan, tapi Tidak Boleh Kompromi Praktik Kecurangan

"Saya tidak melihat ada perubahan sikap, kami tetap konsisten berada di dalam Koalisi Perubahan," kata Anies kepada wartawan, Senin (19/2/2024).

Ia mengaku selalu berkomunikasi dengan Surya Paloh dan hingga kini bisa dipastikan kalau yang bersangkutan masih berkomitmen dengan Koalisi Perubahan.

"Saya memandangnya tidak ada pergeseran apapun. Saya selalu komunikasi (dengan Surya Paloh) dan tidak ada pergeseran posisi sama sekali," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi menyebut pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan Indonesia.

Penjelasan Jokowi tersebut disampaikan seusai meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Panglima Besar Soedirman, Senin (19/2/2024), menjawab pertanyaan wartawan mengenai pertemuannya dengan Surya Paloh pada Minggu (18/2/2024).

Menurut Jokowi, pertemuannya dengan Surya Paloh merupakan pertemuan politik biasa.

“Ya, pertemuan politik biasa,” kata dia.

Saat ditanya siapa yang mengundang dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengatakan itu bukan hal yang penting.

“Saya kira dua-duanya. Tidak perlu siapa yang mengundang dan siapa yang mengundang. Nggak perlu.”

“Yang paling penting (adalah) memang ada pertemuan, dan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan kita, bagi negara, saya kira yang paling penting itu,” tuturnya.

Baca Juga: Gerindra: Pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh untuk Mendinginkan Suasana dan Merajut Kebersamaan

Jokowi juga menyebut bahwa pertemuan tersebut merupakan pertemuan awal, dan nantinya jika sudah final ia berjanji akan menyampaikan pada media.


 

“Ini baru awal-awal, nanti kalau sudah final, nanti kami sampaikan. Tapi itu sebetulnya saya itu hanya menjadi jembatan. Yang paling penting kan nanti partai-partai,” kata Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x