Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Kubu AMIN, PKS, PKB, Partai NasDem Sudah Mulai Cari Titik Aman Masing-masing

Kompas.tv - 19 Februari 2024, 13:04 WIB
pengamat-kubu-amin-pks-pkb-partai-nasdem-sudah-mulai-cari-titik-aman-masing-masing
Pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat memaparkan visi, misi dan gagasan terkait antikorupsi di acara Paku Integritas KPK, Rabu (17/1/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai bukan hanya Surya Paloh dan Partai NasDem yang akan mencari titik aman usai Pilpres 2024. Menurut Adi, PKB dan PKS juga disebut tengah berupaya untuk melakukan rekonsiliasi politik.

Itu disampaikan Adi Prayitno merespons sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang memenuhi undangan bertemu dari Presiden Joko Widodo, Senin (19/2/2024).

“Koalisi pendukung AMIN ini secara perlahan satu persatu sudah mulai mencari titik aman masing-masing, memang sampai saat ini belum diumumkan, kubu ini dibubarkan atau tidak,” ujar Adi.

Baca Juga: Pengamat: Surya Paloh Ketemu Jokowi, Ini Sinyalemen Sudah Lempar Handuk dengan Hasil Pilpres 2024

“Tapi ada kecenderungan bahwa kubu AMIN, PKS kemudian PKB dan NasDem sepertinya memang sedang mencoba untuk mencari posisi apa yang harus mereka lakukan pasca-pilres.”

Adi lebih lanjut pun menduga, Partai NasDem menjadi salah satu parpol pendukung Anies-Muhaimin yang akan segera melakukan rekonsiliasi dengan Jokowi dan Prabowo-Gibran.

“Saya menduga NasDem salah satu partai politik yang sangat mungkin akan segera melakukan rekonsiliasi politik dengan Jokowi, dengan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Tentu terkait dengan bagaimana komposisi kabinet ke depan,” ujar Adi.

Sebelumnya kemarin, Presiden Jokowi mengundang Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Kompleks Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Timnas AMIN Minta Tim Fokus Amankan Suara: Tidak Perlu Terganggu Pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi

Dalam pertemuan 1 jam, Presiden Jokowi dan Surya Paloh membahas soal tantangan global hingga isu pemilu.


“Kehadiran Ketum NasDem Pak Surya Paloh di Istana Negara adalah memenuhi undangan makan malam Presiden Jokowi,” ujar Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim dalam keterangan tertulis kemarin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x