Kompas TV nasional rumah pemilu

Berbeda dengan Quick Count, Real Count KPU Pemilu 2024 Bisa Diakses di Mana?

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 06:50 WIB
berbeda-dengan-quick-count-real-count-kpu-pemilu-2024-bisa-diakses-di-mana
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Publik bisa memantau langsung proses dan hasil penghitungan suara real count melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang disediakan oleh KPU RI.

Melalui laman pemilu2024.kpu.go.id, masyarakat dapat mengakses dan memilih jenis pemilu yang diikuti, mulai dari pilpres, pemilihan legislatif, hingga tingkat DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul di Hasil Quick Count, Sandiaga Uno Ucapkan Selamat

Selain itu, situs ini memungkinkan pemilih untuk memilih wilayah spesifik, dari provinsi hingga nomor TPS, untuk mendapatkan hasil penghitungan suara.

Pengertian Real Count dalam Pemilu

Real count merupakan proses penghitungan suara resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilu 2024, berbasis pada data formulir C yang berasal dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul di Hasil Quick Count, Cak Imin Minta Relawan Tetap Kawal Suara di TPS

Proses ini diakui karena ketelitiannya dan memerlukan waktu yang relatif lebih lama untuk penyelesaiannya, biasanya memakan waktu hingga dua minggu pasca pemungutan suara untuk menghasilkan perolehan suara yang akurat.

Real count dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat TPS hingga tingkat nasional, dalam sebuah rapat pleno terbuka, memastikan transparansi dan akurasi hasil pemilu.

Baca Juga: TPN Buka Komunikasi dengan Timnas AMIN Usut Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Memahami Quick Count



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x