Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar-Mahfud Raup Suara Tertinggi di TPS Sultan Yogya, Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran?

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 20:08 WIB
ganjar-mahfud-raup-suara-tertinggi-di-tps-sultan-yogya-anies-muhaimin-dan-prabowo-gibran
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta keluarga menggunakan hak suara di TPS 12, Ndalem Cokronegaran, Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta, DI. Yogyakarta, Rabu (14/2/2024) (Sumber: Kompas.tv/Ant/Luqman Hakim)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD tercatat meraih suara tertinggi di tempat pemungutan suara (TPS) 12 Ndalem Cokronegaran, Keraton, Kota Yogyakarta. TPS ini merupakan tempat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menggunakan hak suaranya.

Berdasarkan hasil penghitungan suara Pilpres 2024 yang telah selesai di TPS 12 Ndalem Cokronegaran, Ganjar-Mahfud tercatat unggul dengan 117 suara. Paslon Prabowo-Gibran memperoleh suara terbanyak kedua, yakni 76.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul di Quick Count, TKN: Mudah-mudahan 1 Putaran Bisa Kami Dapatkan

Sementara itu, paslon Anies-Muhaimin mendapatkan 35 suara di TPS tersebut. Hingga berita ini diturunkan, penghitungan suara untuk pemilihan DPRD kabupaten/kota, DPRD DIY, DPRD RI, serta DPD RI di TPS 12 Ndalem Cokronegaran masih berlangsung dan diperkirakan rampung pada Kamis (15/2) dini hari nanti.

Tercatat ada 228 suara sah dan dua suara tidak sah dari total 230 orang yang menggunakan hak pilihnya di TPS tempat Sultan HB X sekeluraga mencoblos.

"Total keseluruhan 228 suara dan dua suara tidak sah," kata Ketua KPPS TPS 12 Ndalem Cokronegaran Suroto, Rabu (14/2).

Terkait dua surat suara yang dinyatakan tidak sah, Suroto menjelaskan salah satu di antaranya karena tiga gambar pasangan calon dicoblos semuanya dan satu lainnya tidak ada yang dicoblos. 

Suroto menambahkan, tidak ada pihak yang protes atau keberatan terhadap hasil penghitungan suara Pilpres 2024. Dari total 283 warga yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) TPS 12 Ndalem Cokronegaran, sebanyak 53 orang tidak hadir.

"Kalau tidak datang kita kembalikan, kami silang dulu. Iya, dirusak dulu kita anggap rusak," katanya dikutip Antara.

Suroto menyebut data hasil penghitungan suara akan langsung dikirim melalui aplikasi Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) begitu selesai.

Baca Juga: Quick Count Litbang Kompas Prabowo-Gibran 58,73 Persen, Anies: Jangan Buru-Buru Tunggu Hitungan KPU


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x