Kompas TV nasional politik

Saat TKN-Jubir Kompak Bantah Kabar Prabowo Korupsi Pembelian Pesawat Tempur dari Qatar: Itu Hoaks

Kompas.tv - 11 Februari 2024, 08:20 WIB
saat-tkn-jubir-kompak-bantah-kabar-prabowo-korupsi-pembelian-pesawat-tempur-dari-qatar-itu-hoaks
Calon presiden nomor urut 2 yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat tiba di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). TKN dan Jubir Menhan Prabowo kompak memabatah kabara dugaan korupsi pesawat jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar yang menyeret nama Prabowo. (Sumber: KOMPAS/AGUS SUSANTO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara (Jubir) Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak buka suara soal kabar mengenai dugaan korupsi pesawat jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar yang menyeret nama calon presiden (capres) nomor urut dua itu.

Sebagai informasi, kabar tersebut dihembuskan pertama kali oleh media asing Meta Nex dalam artikel berjudul "Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation".

Dahnil pun menegaskan hal itu merupakan kabar bohong atau hoaks. Pasalnya, tidak ada pembelian jet tempur Mirage tersebut.

"Pertama saya ingin masuk ke substansi pertama ini adalah hoaks dan fitnah," kata Dahnil di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024).

"Tidak ada pembelian Pesawat Mirage walaupun itu pernah direncanakan, tapi sudah dibatalkan. Jadi secara konten semua yang disampaikan itu jelas fitnah," ungkap Dahnil.

Lebih lanjut, ia pun menduga pemberitaan tersebut diciptakan pihak tertentu di hari menjelang pencoblosan Piplres 2024 pada 14 Februari pekan depan, untuk memberi dampak negatif kepada Prabowo yang juga merupakan salah satu capres tersebut.

"Sumber berita ini kan muncul dari salah satu situs MSN. Konten MSN ini kontennya agregator Microsoft dan ambil dari Metanext. Kalau dicek ke Metanext berita itu tidak ada sama sekali," ucapnya.

"Dari sisi teknis jelas ini juga diciptakan orang orang tertentu untuk tebar fitnah bagi Prabowo-Gibran terkait dengan pemilihan yang tinggal beberapa hari ke depan," jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Ia menegaskan berita tersebut merupakan hoaks.

Baca Juga: Komisi I DPR Kritik Prabowo Beli Pesawat Tempur Mirage 2000 Bekas dari Qatar



Sumber : Kompas TV/wartakota.tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x