Kompas TV nasional peristiwa

Hari Pers Nasional 2024, Sandiaga Uno hingga Sri Mulyani Sampaikan Apresiasi kepada Pers Indonesia

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 14:45 WIB
hari-pers-nasional-2024-sandiaga-uno-hingga-sri-mulyani-sampaikan-apresiasi-kepada-pers-indonesia
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/1/2024). (Sumber: Dian Erika/Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang jatuh pada Jumat (9/2/2024), sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menyampaikan apresiasi atas peran insan pers di Indonesia.

Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, mengatakan bahwa pers memiliki peran penting dalam sebuah negara yang menganut sistem demokrasi.

“Sebagai pilar keempat demokrasi, pers memegang peran krusial dalam menjaga keseimbangan antarpilar penyelenggara negara, masyarakat, dan juga realitas yang terjadi di masyarakat,” kata Pramono dikutip dari Setkab.go.id.

Apresiasi juga datang dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki.

Teten menyebut pers sangat berperan krusial untuk ikut memasarkan produk lokal buatan dalam negeri.

“Saya memiliki kesan mendalam bagaimana rekan-rekan pers tidak kenal lelah membantu mewartakan program strategis pemerintah dan juga dengan bangga turut mempromosikan produk-produk lokal buatan anak bangsa,” ujarnya.

Sementara menurut Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, pers mempunyai kontribusi positif untuk menyampaikan hasil kerja kementerian yang dipimpinnya.

"Jurnalis dan media adalah mitra Kementerian Luar Negeri dalam menyampaikan capaian diplomasi sekaligus mengedukasi publik mengenai prioritas politik luar negeri 4+1.  Empat adalah diplomasi ekonomi, perlindungan WNI, kedaulatan, serta peningkatan peran Indonesia di kawasan maupun di tataran global, sementara plus satu-nya adalah infrastruktur diplomasi,” tutur Retno.

Apresiasi juga datang dari Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, di mana peran krusial pers saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

“Berkat bantuan pers, masyarakat banyak yang tercerahkan sehingga cakupan dosis 1 mencapai 83 persen­ dan imunisasi dosis 2 mencapai 71 persen,” kata Budi.

Baca Juga: Ramai Isu Menteri Mundur dari Kabinet Jokowi, Megawati: Saya Bilang ke Para Menteri PDI-P, Stay



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x