Kompas TV nasional rumah pemilu

Viral Surat Suara di Luar Negeri Sudah Tercoblos Ganjar-Mahfud, TPN Kirim Tim Buat Telusuri

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 19:25 WIB
viral-surat-suara-di-luar-negeri-sudah-tercoblos-ganjar-mahfud-tpn-kirim-tim-buat-telusuri
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Arsjad Rasjid memberikan sambutan saat acara Migrasi Dukung Ganjar-Mahfud di Jakarta, Selasa (28/11/2023). Arsjad mengatakan calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo tidak memiliki persiapan khusus dalam menghadapi debat terakhir capres, Minggu (4/2/2024) malam. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud angkat bicara terkait video viral di media sosial X yang merekam dugaan kecurangan surat suara sudah tercoblos. 

Dalam video surat suara yang diduga berasal dari luar negeri sudah tercoblos pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ketua TPN Ganjar Mahfud, Arsjad Rasjid menjelaskan pihaknya kini sedang mendalami surat suara di luar negeri yang sudah tercoblos pasangan Ganjar-Mahfud. 

Hal ini untuk mendalami apakah video viral tersebut benar terjadi atau hanya rekayasa, atau surat suara tersebut sah atau sebatas simulasi.

"Jangan sampai ada dusta di antara kita, jangan sampai juga ada rekayasa-rekayasa. Jadi, harapan kami, ya nanti kita lihat apa yang harus dilakukan dan apa yang sudah terjadi," ujar Arsjad, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga: TKN Ungkap Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 di Malaysia, Sebut Surat Suara Tercoblos Ganjar-Mahfud

Arsjad menambahkan pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk Pemilu 2024 berjalan dengan demokratis. Pihaknya juga sudah membuat tim untuk memantau TPS demi mencegah adanya kecurangan. 

"Jangan sampai ada kacurangan dan kita jaga demokrasi ini secara bersama," ujarnya. Dikutip dari Kompas. com.

Di sisi lain KPU RI dan Bawaslu RI juga sedang menelusuri video yang merekam surat suara tercoblos pasangan Capres-Cawapres tertentu. Diduga surat suara tersebut berasal dari Malaysia. 

Anggota KPU RI, Idham Holik menjelaskan pihaknya bakal mengirim tim untuk melakukan pendalaman. 

"Kami akan mengirim tim untuk melakukan pendalaman terhadap semua informasi berkenaan dengan pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia, baik pemungutan suara pos maupun KSK (kotak suara keliling)," ujar Idham.

Baca Juga: Simak, Berikut Cara Mencoblos Surat Suara pada Pemilu 2024, Penting untuk Pemilih Pemula!

Sama seperti KPU Bawaslu RI juga sedang menelusuri video viral tersebut. Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menjelaskan pihaknya sedang mengirim tim untuk mendalami video yang merekam surat suara sudah tercoblos. 

"Saat ini sedang dilakukan penelusuran oleh Panwaslu LN (luar negeri), dalam pantauan langsung Bawaslu RI," ujar Lolly.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x