Kompas TV nasional politik

Erick Thohir Dituduh Cak Imin Sebarkan Hoaks, Begini Penjelasan Stafsus Menteri BUMN

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 13:21 WIB
erick-thohir-dituduh-cak-imin-sebarkan-hoaks-begini-penjelasan-stafsus-menteri-bumn
Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga buka suara soal peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 menggantikan Peru. (Sumber: Antara Foto/Naufal Ammar Imaduddin)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Erick Thohir, Arya Sinulingga membantah pernyataan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menyatakan Erick telah menyebarkan hoaks. 

Diketahui, Cak Imin sebelumnya menyebut Erick telah membuat hoaks ihwal Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) akan menutup BUMN menjadi koperasi. 

Baca Juga: Cak Imin Tuduh Erick Thohir Sebar Hoaks: Niatnya Menaikkan Derajat Dia, tapi Malah Merendahkan

Arya menjelaskan, saat itu mantan bos Inter Milan ini konteksnya bukan sedang mengadakan konferensi pers, tetapi ia hanya menjawab pertanyaan yang diajukan oleh wartawan. 

"Saya sih perlu luruskan itu berangkat dari ada wartawan nanya sama pak menteri. Jadi ada pak menteri itu ketemu wartawan, kemudian wartawan nanya: pak menteri ini ada wacana dari salah satu pihak yang mengatakan bahwa BUMN akan dibubarkan, dikoperasikan. Ya, pak menteri langsung jawab, wah itu gimana? Ada 1,6 juta pekerja lho ada di sana," kata Arya kepada Kompas TV, Rabu (7/2/2024). 

"Jadi berangkat dari sana, Pak Erick itu merespons pertanyaan dari wartawan. Jadi bukan Pak Erick konferensi pers atau ada acara yang mengatakan ada pihak tertentu yang mengatakan bahwa BUMN ini akan dibubarkan dan dijadikan koperasi seperti itu. Pak Erick itu justru merespons pertanyaan wartawan," sambungnya. 

Selain itu, Arya juga menelusuri masifnya pemberitaan terkait isu BUMN jadi koperasi ini.

"Nah, setelah itu, setelah ramai, akhirnya kami cek. Apakah benar wartawan ini kok tiba-tiba nanya seperti ini? Setelah kami cek, ternyata ada rilis kabarnya. Ada rilis yang disebar pihak tertentu, yang itu tersebar hampir di 200 media online. Beritanya sama persis," katanya. 

Sebelumnya, Cak Imin menuding Erick Thohir telah menyebarkan hoaks tentang visi-misi AMIN. 

Cak Imin menilai Erick menyebarkan berita bohong bahwa AMIN ingin menutup BUMN dan menggantinya jadi koperasi.

Cak Imin menyebut isu tersebut terlalu dibuat-buat dan mengada-ada. 

Ia menilai Erick Thohir kehabisan isu yang bisa digaungkan jelang hari pemilihan Pilpres 2024.

“Erick Thohir menyatakan Amin mau menutup BUMN menjadi koperasi, itu narasi yang dibuat-buat, mengada-ada,” kata Cak Imin usai berkampanye di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Jelang Debat Capres Kondisi Prabowo Dikabarkan Drop, TKN: Itu Hoaks, Beliau Fit dan Sehat

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, Erick Thohir justru merugi sendiri karena isu yang disebarkannya.

“Menurut saya, hoaks yang disebarkan oleh Erick Thohir untuk menaikkan derajat dia, malah merendahkan dia,” kata Cak Imin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x