Kompas TV nasional politik

Cak Imin Respons Mahfud yang Bilang Ketum Partai Bisa Dikendalikan: Alhamdulillah PKB Independen

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 11:02 WIB
cak-imin-respons-mahfud-yang-bilang-ketum-partai-bisa-dikendalikan-alhamdulillah-pkb-independen
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dalam debat cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD yang menyatakan ketua umum (ketum) partai politik bisa dikendalikan. 

Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memastikan, kalau partainya bersama PKS dan Nasdem tetap menjadi partai yang independen, sehingga tak bisa dikendalikan oleh siapapun. 

Baca Juga: Soal Pernyataan Pimpinan Partai Seperti Bebek, Waketum Golkar: Pak Mahfud Tipikalnya Suka Menyerang

“Alhamdulillah PKB Independen, PKS Independen, Nasdem Independen, memutuskan dengan keyakinan ideologinya," kata Cak Imin seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Selasa (6/2/2024). 

Ia menjelaskan, dirinya memutuskan bersama Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024 karena memiliki ideologi yang sama dengan seluruh partai pengusung.  

"PKB memutuskan bukan hanya kalkulasi politik, tapi keputusan bersama Anies itu berbasis ideologi, nilai, gagasan dan cita-cita PKB, jadi tidak dipengaruhi oleh siapapun,” katanya. 

Sebelumnya, Mahfud MD menyebut ada kesan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud seperti petugas partai.

Ia kemudian menegaskan, tidak ada petugas partai melainkan petugas untuk melaksanakan konstitusi yang diusung oleh partai.

“Itulah sebabnya kampanye-kampanye kami tidak terikat oleh arahan partai. Kami berangkat dari fakta dan akan menyelesaikannya dengan mekanisme yang tersedia, terutama penegakkan hukum. Partai apa yang tidak mau penegakan hukum bagus,” kata Mahfud, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: Islah Bahrawi Sebut Mahfud MD Peluru Tak Terkendali dan Ada Orang Tersandera Beberapa Perkara

“Tapi mari saudara lihat, partai yang bukan mengusung kami, bukankah pimpinan partainya juga semakin seperti bebek-bebek dikendalikan," lanjut mantan Menkopolhukam itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x