Kompas TV nasional rumah pemilu

Simak, Berikut Makna Jaket Varsity yang Dipakai Ganjar-Mahfud di Debat Final Capres 2024

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 20:57 WIB
simak-berikut-makna-jaket-varsity-yang-dipakai-ganjar-mahfud-di-debat-final-capres-2024
Pasangan capres-cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam debat kelima Pilpres 2024 untuk calon presiden (capres), Minggu (4/2/2024). Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hadir di Jakarta Convention Center (JCC) mengenakan Jaket Varsity (Universitas) berwarna kombinasi hitam dan putih, yang bertuliskan 21 Program Unggulan Ganjar-Mahfud. (Sumber: Tangkapan layar YouTube KPU)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan Calon (paslon) Nomor Urut 3, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, tampil di Jakarta Convention Center (JCC) dalam debat final, dengan mengenakan Jaket Varsity (Universitas) yang berwarna kombinasi hitam dan putih. Jaket ini memuat tulisan "21 Program Unggulan Ganjar-Mahfud".

Mereka juga memilih sepatu produksi dalam negeri sebagai alas kaki.

Karaniya Dharmasaputra, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, menjelaskan bahwa pemilihan jaket ala universitas ini adalah bentuk apresiasi dari Ganjar-Mahfud terhadap dukungan yang mereka terima dari berbagai perguruan tinggi ternama, seperti para rektor, guru besar, dan dosen, yang mendukung upaya untuk menjaga demokrasi dan menegakkan etika serta moral dalam berpolitik.

Selain sebagai tanda apresiasi, pemilihan jaket ini juga berkaitan erat dengan tema debat yang akan mereka bahas.

“Mengenakan jaket varsity yang khas mahasiswa itu memberikan penjiwaan lebih pada Mas Ganjar, karena pada tema debat pamungkas ini, Mas Ganjar akan banyak membahas tentang masa depan sumber daya manusia (SDM), masa depan anak muda generasi penerus kita,” kata Karaniya.

Baca Juga: Ganjar Jelaskan Strategi untuk Tingkatkan Angka Harapan Hidup, Singgung Anggaran

Tema debat kelima yang akan dibahas adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Karaniya juga menekankan bahwa jaket varsity adalah simbol prestasi, kehormatan, dan semangat tim.

Menggunakan jaket tersebut, Ganjar-Mahfud ingin menginspirasi masyarakat tentang pentingnya kerja keras, dedikasi, dan kerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Jaket yang dikenakan oleh paslon nomor urut 3 ini diproduksi oleh brand asal Kota Bandung, Raw Type Riot.

“Ini merupakan sebuah pilihan yang tak hanya soal gaya,  juga komitmen pada karya anak bangsa. Karena Raw Type Riot ini ide kreasinya muncul dari mahasiswa di asrama kampus,” jelas Karaniya. 

Sebagai informasi,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar debat Pilpres 2024 untuk yang kelima kalinya.

Debat kelima menjadi debat terakhir sekaligus penutup dari seluruh rangkaian debat selama kontestasi Pilpres 2024.

Artinya, ini adalah kali terakhir publik menyaksikan penampilan calon presiden (capres) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di debat Pilpres 2024.

Sesuai dengan jadwal yang telah dirilis KPU, debat capres 2024 untuk yang kelima sekaligus yang terakhir digelar pada Minggu, 4 Februari 2024 pukul 19.00 WIB.


 

Adapun tema yang diusung adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Debat berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Prabowo Jawab Anies soal Nasib Guru: Maklum Beliau Mantan Menteri Pendidikan



Sumber : Kompas TV, Tribun News


BERITA LAINNYA



Close Ads x