Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies: Anggota BPUPKI Mendirikan Republik Ini untuk Semua, Bukan untuk Kepentingan Keluarganya

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 20:05 WIB
anies-anggota-bpupki-mendirikan-republik-ini-untuk-semua-bukan-untuk-kepentingan-keluarganya
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan visi dan misi dalam debat capres terakhir di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KompasTV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung soal perjuangan anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dalam debat terakhir capres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024) malam.

Saat menyampaikan visi-misi, Anies mengatakan bahwa anggota BPUPKI merupakan orang-orang terdidik yang mendirikan Indonesia untuk kepentingan bersama. 

“Mereka mendirikan republik untuk semua, bukan mendirikan republik untuk kepentingan dirinya, golongannya, atau pun keluarganya,” ucap Anies.

Baca Juga: Prabowo: Kami akan Bangun Rumah Sakit dan Puskesmas Modern

Menurutnya, para pendiri bangsa membangun kekuasaan untuk memberikan kesempatan kepada semua rakyat Indonesia, bukan hanya untuk segelintir atau golongan tertentu.

Anies menilai, kondisi Indonesia saat ini jauh dari cita-cita awal saat Indonesia berdiri.

Dalam debat kali ini, Anies juga menyampaikan persoalan terbesar yang dihadapi Indonesia, yakni ketimpangan, ketidaksetaraan, dan ketidakadilan.

“Jakarta, luar Jakarta, Jawa - luar Jawa, kaya-miskin, desa-kota, pendidikan umum-pendidikan agama, pendidikan kejuruan-pendidikan teknis,” ucapnya memberikan contoh masalah tersebut.

“Ini semua adalah ketimpangan yang hari ini menjadi fenomena membahayakan bagi republik ini,” sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pria yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga membahas masalah perekonomian Indonesia, di mana segelintir orang telah menguasai sebagian besar perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Debat Capres Terakhir: Prabowo Janji Bangun 3 Juta Rumah di Pesisir, Pedesaan, dan Perkotaan

Menilik masalah tersebut, ia membawa gagasan perubahan agar Indonesia dapat kembali ke cita-cita awal.

“Kami akan membawa gagasan bagi republik untuk kembali mewarnai republik ini, untuk bisa mengarahkan republik ke depan agar kembali ke format awal,” tegas Anies Baswedan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x