Kompas TV nasional rumah pemilu

Debat Capres Terakhir Pilpres 2024, Polri Kerahkan Pasukan Berkuda di JCC Senayan

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 17:02 WIB
debat-capres-terakhir-pilpres-2024-polri-kerahkan-pasukan-berkuda-di-jcc-senayan
Polri mengerahkan pasukan berkuda di JCC Senayan, Jakarta Pusat, lokasi debat capres 2024 terakhir, Minggu (4/2/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri menerjukan empat pasukan berkuda di dekat titik kumpul para pendukung capres-cawapres yang telah datang ke Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, lokasi debat capres 2024 terakhir, Minggu (4/2/2024). 

Para pendukung yang telah datang itu berasal dari simpatisan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Baca Juga: Pilpres Makin Dekat, Ganjar-Mahfud Kerja Keras Dokrak Elektabilitas

Sampai dengan saat ini situasi masih kondusif, meski kedua relawan tersebut saling sahut-sahutan yel-yel. 

“Jajaran polri menyiagakan 2.992 personel untuk mengamankan kegiatan, ditambah lagi dari teman-teman pamdal itu sebanyak 200 personel untuk mengatur pada ring 2 dan ring 1,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada awak media di lokasi, Minggu.

Susatyo menyebut pola pengamanan serupa sudah pernah dilaksanakan sebanyak dua kali di JCC.

“Khususnya pada saat debat yang keempat kemarin. Di mana masa yang non undangan itu datang cukup banyak, dengan membawa bunyi-bunyian. Sehingga untuk pola pengamanan pada hari ini akan kami sesuaikan untuk tidak mendekat ke lobi JCC,” jelas dia.

Terkait pengalihan arus, ia mengatakan hal tersebut akan dilakukan secara situasional ketika para kandidat mulai mendekati JCC.

“Sampai dengan saat ini kami belum memberlakukan terkait dengan pengalihan arus lalu lintas. Namun mendekati 19:00 di saat para capres cawapres akan mendekat ke lokasi, kami akan mulai mengatur arus lalu lintas, agar bisa datang tepat waktu,” kata Susatyo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menunjuk 12 panelis untuk debat Pilpres 2024 yang kelima atau terakhir. Para panelis bertugas membuat pertanyaan untuk para capres.

Panelis yang dipilih memiliki latar belakang yang sesuai dengan tema debat, antara lain kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

KPU menyebut ada sub tema dari tiga tema besar itu yakni meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Berikut daftar panelis pada debat kelima Pilpres 2024 yang telah ditetapkan oleh KPU.

1. Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed

- Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin
- Ketua Umum perhimpunan sarjana dan profesional kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) 2022-2026

2. Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D

- Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027

3. Bahruddin

- Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (BAN POM).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x