Kompas TV nasional humaniora

Kadin Indonesia dan Kemenkes Kerja Sama Tingkatkan Kesehatan Masyarakat dan Turunkan Angka Stunting

Kompas.tv - 3 Februari 2024, 00:35 WIB
kadin-indonesia-dan-kemenkes-kerja-sama-tingkatkan-kesehatan-masyarakat-dan-turunkan-angka-stunting
Kadin Indonesia dan Kemenkes menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Jumat (2/2/2024). (Sumber: Kadin Indonesia)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Peningkatan Kesehatan Masyarakat dan Transformasi Sistem Kesehatan, pada Jumat (2/2/2024).

Kesepakatan ini dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berfokus pada Sinergitas dan Implementasi Program Percepatan Penurunan Stunting.

Melalui kerja sama ini, Kadin Indonesia menegaskan komitmennya dalam meningkatkan resiliensi kesehatan, sebagai bagian dari langkah strategis untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi, dan Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi melakukan penandatanganan MoU di Ruangan Mochtar Riady, Lantai 29 Menara Kadin, Jakarta.

Proses penandatanganan MoU juga disaksikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: SGN PG Djatiroto Dukung Pemerintah Turunkan Angka Pravelensi Stunting, Wujudkan Indonesia Emas

Mou antara Kadin Indonesia dan Kemenkes mencakup beberapa aspek, yaitu percepatan penyelenggaraan transformasi sistem kesehatan, kolaborasi dalam upaya percepatan penurunan angka stunting, pemanfaatan data dan informasi kesehatan, serta berbagai bidang kesehatan lainnya.

Yukki menegaskan, Kadin Indonesia memiliki komitmen kuat dalam mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, terutama dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Sesuai visi Indonesia Emas 2045, Kadin Indonesia menggarisbawahi bahwa penurunan angka stunting merupakan hal yang sangat penting di Indonesia, dan merupakan kunci pembangunan sosial, ekonomi, dan sumber daya manusia untuk jangka panjang,” ujarnya.

Sementara Budi mengungkapkan apresiasi atas komitmen Kadin Indonesia dalam mendukung peningkatan sistem kesehatan masyarakat.

Dia menyatakan kesehatan memiliki peran kunci untuk membantu Indonesia mencapai status negara maju dan menghindari jebakan middle-income trap



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x