Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Singgung Orba soal Kedekatan Jokowi-Prabowo, Gerindra: Pak Anies kan Belum Pernah Beroposisi?

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 15:11 WIB
anies-singgung-orba-soal-kedekatan-jokowi-prabowo-gerindra-pak-anies-kan-belum-pernah-beroposisi
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (26/10/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menanggapi pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang menyebut momen Presiden Joko Widodo atau Jokowi makan bakso dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu seperti mengulang sejarah orde baru. 

Menurut dia, pernyataan Anies tersebut hanya untuk menarik simpati masyarakat dengan narasi menghasut bahwa Indonesia sedang mengalami kemunduran demokrasi dan kembali ke era orde baru. 

Baca Juga: Anies Sorot Momen Jokowi Makan Bareng Prabowo, Teringat Era Orde Baru yang Berpihak

"Pak Anies kan belum pernah beroposisi? Pimpin partai enggak, jadi dewan juga enggak," kata Muzani kepada wartawan, Rabu (31/1/2024). 

Muzani pun menyebut demokrasi Indonesia tak seperti era orde baru. Hal itu terbukti, kata dia, yakni partainya pernah menjadi oposisi selama 10 tahun. 

"Partai Gerindra itu pernah oposisi selama 10 tahun, saya di DPR juga pernah beroposisi selama 10 tahun, jadi suasana-suasana itu bisa kami rekam, menurut saya suasana sekarang ini jauh di bawah orde baru," ujarnya. 

Sebelumnya, Anies menjelaskan di era orde baru, pemerintah berpihak kepada satu kelompok dan satu partai politik. 

Namun seiring era reformasi kepentingan pemerintah yang berpihak kepada satu kelompok perlahan menghilang. 

Anies berharap pertemuan Presiden Jokowi dengan Prabowo tidak mengulang kembali keberpihakan pemerintah kepada satu kelompok yang terjadi di era orde baru. 


Untuk itu Anies mengajak masyarakat saling menjaga agar praktik di era orde baru mengenai keberpihakan tidak terulang kembali.

Baca Juga: Hasto PDIP Tanggapi Pertemuan Jokowi-Prabowo Ngebakso, Ungkap Sentimen Negatif Publik

"Era orde baru dulu pemerintah itu berpihak pada satu kelompok, berpihak pada satu partai, berpihak pada satu calon, itu era orde baru," ujar Anies, Rabu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x