Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Sorot Momen Jokowi Makan Bareng Prabowo, Teringat Era Orde Baru yang Berpihak

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 22:29 WIB
anies-sorot-momen-jokowi-makan-bareng-prabowo-teringat-era-orde-baru-yang-berpihak
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menyantap bakso di Warung Bakso Pak Soleh, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Senin (29/1/2024), usai meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil). (Sumber: BPMI Setpres/Kris)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

PAMEKASAN, KOMPAS.TV - Pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Menteri Pertahanan yang juga Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat makan bareng seolah mengulang era Orde Baru. 

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menjelaskan di era Orde Baru, pemerintah berpihak kepada satu kelompok dan satu partai politik. 

Namun seiring era reformasi kepentingan pemerintah yang berpihak kepada satu kelompok perlahan menghilang. 

Anies berharap pertemuan Presiden Jokowi dengan Prabowo tidak mengulang kembali keberpihakan pemerintah kepada satu kelompok yang terjadi di era Orde Baru. 

"Mari kita sama-sama jaga agar sekarang itu juga terhormat. Nanti kalau praktik tidak beretika dilakukan, rakyat sendiri yang nanti akan menilai," ujar Anies saat ditemui Pondok Pesantren Al-Hamidy, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (31/1/2024). 

Baca Juga: Janji Anies Baswedan Jika Terpilih Jadi Presiden: Saya Akan Hentikan Diskriminasi Pendidikan

Anies meyakini masyarakat menginginkan Pemilu 2024 berlangsung dengan jujur, adil dan dalam pelaksanaannya mengedepankan etika. 

Harapan tersebut juga yang ingin dijalankan oleh Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies-Muhaimin.

Untuk itu Anies mengajak masyarakat saling menjaga agar prakti di era Orde Baru mengenai keberpihakan tidak terulang kembali.

"Era orde baru dulu pemerintah itu berpihak pada satu kelompok, berpihak pada satu partai, berpihak pada satu calon, itu era orde baru," ujar Anies. Dikutip dari Tribunnews.com.

Sebelumnya Presiden Jokowi makan bakso bersama Prabowo Subianto di sela kunjungan di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1).

Baca Juga: Puan-Bambang Pacul Makan Bakso di Magelang, Sindir Jokowi-Prabowo?

Momen Jokowi dan Prabowo makan bareng bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya Jokowi mengajak Prabowo makan malam bersama di salah satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x