Kompas TV nasional politik

Mahfud Ingin Serahkan Surat Pengunduran Diri Langsung, Istana: Tunggu Jokowi Selesai Kunker

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 17:17 WIB
mahfud-ingin-serahkan-surat-pengunduran-diri-langsung-istana-tunggu-jokowi-selesai-kunker
Koordinator staf khusus Presiden RI, Ari Dwipayana Ari saat menyampaikan keterangan mengenai mundurnya Menko Polhukam Mahfud MD di Jakarta, Rabu (31/1/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator staf khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menyebut penyerahan surat pengunduran diri Mahfud MD kepada Presiden RI Joko Widodo mesti menunggu longgarnya jadwal kedua pihak. Jokowi sendiri disebutnya tengah mengadakan kunjungan kerja di Jawa Tengah hingga Kamis (1/2/2024) besok.

Saat mengumumkan pengunduran diri sebagai Menko Polhukam, Rabu (31/1), Mahfud mengaku hendak menyerahkan langsung surat pengunduran diri kepada Jokowi. Ia mengaku ingin berpamitan dengan Jokowi secara baik-baik dan secara hormat sebagai bentuk tanggung jawab.

Baca Juga: Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Saya Tidak Akan Tinggal Glanggang Colong Playu

"Presiden sedang berada di daerah dalam rangka kunjungan kerja dan beliau akan kembali besok malam ke Jakarta. Tentu setelah itu kita bisa tahu kapan dijadwalkan pertemuan antara Pak Mahfud dengan Presiden,” kata Ari Dwipayana di Jakarta, Rabu (31/1).

"Beliau akan menyerahkan langsung surat pengunduran diri kepada Presiden, ini saya kira suatu hal yang harus kita hormati, karena ini bagian dari tata krama yang dipercaya Pak Mahfud harus dilakukan dan itu sangat baik sekali," lanjutnya.

Ari menambahkan, kerja-kerja Kemenko Polhukam diharapkan tidak terganggu usai pengunduran diri Mahfud. Ia memastikan tugas pokok dan fungsi Kemenko Polhukam tetap berlanjut usai Mahfud mengundurkan diri.

"Kita berharap tidak ada masalah yang terkait dengan pengunduran diri Pak Menko Polhukam. Proses penyelenggaraan pemerintahan, fungsi-fungsi Kemenko Polhukam tetap berjalan dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Mahfud mengatakan bahwa ia diangkat menjadi Menko Polhukam dengan penuh kehormatan. Sehingga, ia pun ingin berpamitan dengan hormat dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

“Oleh sebab itu, karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati, maka saya tidak akan tinggal glanggang, colong playu. Saya akan pamit baik-baik,” kata Mahfud di Pura Walandano, Lampung Tengah, Rabu (31/1).

Baca Juga: Jokowi Makan Bakso dengan Prabowo, Puan: Mungkin Memang Lagi Laper


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x