Kompas TV nasional humaniora

Formasi CPNS 2024 Diprioritaskan untuk Penempatan di IKN, Ini Jadwal Seleksi dan Cara Daftarnya

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 09:46 WIB
formasi-cpns-2024-diprioritaskan-untuk-penempatan-di-ikn-ini-jadwal-seleksi-dan-cara-daftarnya
Ilustrasi. Formasi CPNS 2024 diprioritaskan untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Sumber: jabarprov.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan formasi rekrutmen CPNS 2024 nantinya akan diprioritaskan untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rini menyebutkan sejumlah kriteria CPNS 2024 yang akan dipindahkan ke IKN, yaitu memiliki nilai akademik yang bagus, memiliki skill, bisa multitasking serta menguasai literasi digital berdasarkan hasil asesmen Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Persyaratan kompetensi yang lain tentunya mereka harus menguasai penerapan nilai-nilai BerAKHLAK,” jelas Rini dalam Rapat Pimpinan Kementerian PANRB di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Lebih lanjut, dia menyampaikan, terdapat beberapa prinsip pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, salah satunya semua ASN kementerian/lembaga yang bekerja di Satuan Kerja (Satker) Pusat akan dipindahkan.

Skema pemindahan akan dilakukan secara bertahap sesuai penapisan (filter) kelembagaan dan ketersediaan hunian di mana satu ASN mendapatkan satu unit hunian baik single maupun sudah berkeluarga.

Baca Juga: Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Dibuka 3 Kali, Berikut Perkiraan Jadwalnya

“Prinsip lainnya yaitu ASN yang dipindahkan pada tahap pertama perlu diberikan tunjangan khusus (tunjangan sebagai pionir) dan formasi CPNS tahun 2024 dipersiapkan untuk menjadi prioritas pindah ke IKN,” kata Rini.

Formasi CPNS 2024

Pemerintah resmi mengumumkan sebanyak 2,3 juta posisi akan dibuka dalam Rekrutmen Seleksi CPNS dan PPPK 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dialokasikan untuk formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan serta tenaga teknis.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ucap Jokowi dalam konferensi pers pada Jumat, 5 Januari 2024 lalu.

Dia mengatakan pemerintah memberikan peluang kepada lulusan baru melalui pembukaan 690 ribu formasi CPNS tahun 2024. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x