Kompas TV nasional humaniora

Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Dibuka 3 Kali, Berikut Perkiraan Jadwalnya

Kompas.tv - 27 Januari 2024, 12:23 WIB
seleksi-cpns-dan-pppk-2024-akan-dibuka-3-kali-berikut-perkiraan-jadwalnya
Ilustrasi ujian seleksi CPNS dan PPPK 2024. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut perkiraan jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang menurut rencana akan dibuka 3 kali.

Seperti yang diketahui, pemerintah resmi mengumumkan bahwa Rekrutmen Seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka sebanyak 2,3 juta posisi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, dalam konferensi pers pada Jumat (5/1/2024) lalu, Seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dialokasikan untuk formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan serta tenaga teknis.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah memberikan peluang kepada lulusan baru melalui pembukaan 690 ribu formasi CPNS tahun 2024. 

Selain itu, penataan tenaga non-ASN juga dilakukan dengan merekrut 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” ujar dia.

Dengan banyaknya posisi yang dibuka, seleksi CPNS dan PPPK 2024 tidak hanya dilakukan sebanyak 1 kali namun 3 kali.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka untuk Fresh Graduate, Ini Cara Cek Jurusan yang Dibutuhkan

Kabar tersebut dibenarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKN RI, Haryomo Dwi Putranto, yang mengatakan bahwa seleksi CPNS 2024 bakal dilaksanakan selama tiga gelombang.

"Untuk mengakomodir formasi (CPNS) tersebut, BKN akan melaksanakan seleksi CASN 2024 yang dilakukan sebanyak tiga periode," kata Haryomo saat mengikuti rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI pada Rabu, (17/1/2024) lalu.

Menurutnya, periode pertama seleksi CASN kemungkinan akan dilaksanakan pada Maret 2024 mendatang dengan  pengumuman dan seleksi administratif CPNS serta seleksi kedinasan.

Selanjutnya, rekrutmen akan dibuka pada bulan Juni 2024 yang merupakan periode kedua seleksi CASN. Pada periode kedua ini, akan dilakukan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan tenaga PPPK dan CPNS.

Sementara periode ketiga direncanaka digelar pada Agustus 2024 juga untuk pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

Rekrutmen CPNS 2024

Syarat CPNS 2024

Berikut ini syarat CPNS 2024 sesuai Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil:

a. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI);

b. Pelamar tidak pernah dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih;

c. Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, Polri, atau pegawai swasta;



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x