Kompas TV nasional rumah pemilu

Ramai Salam 4 Jari, TPN Ganjar-Mahfud: Masyarakat Jengah Lihat Pejabat Kampanye Terselubung

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 10:45 WIB
ramai-salam-4-jari-tpn-ganjar-mahfud-masyarakat-jengah-lihat-pejabat-kampanye-terselubung
Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (30/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Chico Hakim selaku juru bicara (jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menilai masyarakat lelah melihat perilaku pejabat yang memihak dan berkampanye terselubung.

Pernyataan Chico Hakim tersebut disampaikan dalam dialog Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Selasa (30/1/2024), membahas munculnya salam 4 jari.

Awalnya, Chico menjelaskan bahwa gerakan salam 4 jari merupakan gerakan yang muncul dari rakyat dan aktivis.

“Jadi kan ini gerakan yang muncul dari rakyat ya, gerakan muncul dari teman-teman yang sering bergerak untuk demokrasi dan lain-lain,” kata Chico.

“Saya kenal John Muhammad tapi udah lama sekali saya nggak pernah jumpa lagi dengan dia. John ini kan kalau saya ingat dia adalah aktivis dari mahasiswa Trisakti tahun 1998, dan John maupun ada Gita Putri juga di X yang ikut menyuarakan soal salam 4 jari,” bebernya.

Mereka, kata Chico, merupakan orang-orang yang terlibat dalam gerakan reformasi dan sepengetahuannya mereka belum pernah terlibat dalam timses capres setelah reformasi.

Baca Juga: Pengamat Politik UI Angkat Bicara soal Muncul Gerakan Salam 4 Jari yang Ramai di Medsos

"Seingat saya sampai hari ini bahkan belum pernah terlibat dalam timses capres mana pun setelah reformasi berjalan.”

“Jadi itu betul-betul murni gerakan dari mereka, gerakan yang tumbuh di masyarakat, masyarakat yang sudah jengah, sudah lelah melihat perilaku pejabat-pejabat kita yang berpihak dan melakukan banyak kampanye terselubung,” bebernya.

Gerakan tersebut, lanjut Chico, bukan hanya eskalasi dari hashtag yang sebelumnya pernahmuncul, yakni #asalbukanprabowo, tapi sudah melebar menjadi salam 4 jari.

“Tadinya kan bicara soal Prabowo, tapi sekarang sudah melebar sehingga melihat mulai muak dengan apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi selama ini.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x