Kompas TV nasional rumah pemilu

TPN: Keputusan Mahfud Mundur dari Jabatan Menko Polhukam Sudah Firm, Tinggal Tunggu Waktu

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 09:52 WIB
tpn-keputusan-mahfud-mundur-dari-jabatan-menko-polhukam-sudah-firm-tinggal-tunggu-waktu
Menteri Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menk Polhukam) Mahfud MD saat konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (4/12/2023).  (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kemenko Polhukam RI.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, memastikan Mahfud MD akan mundur dari jabatan Menko Polhukam.

Keterangan itu disampaikan Karaniya Dharmasaputra dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Rabu (24/1/2024).

“Ini adalah kegelisahan moral ya, kalau bisa dikatakan sebuah protes dan kritik moral, Prof Mahfud kemarin sudah dikatakan, keputusan untuk mundur itu sudah firm, tinggal mununggu waktu yang tepat karena tentu tidak bisa langsung mundur begitu saja, karena posisi beliau sebagai Menko Polhukam,” ucap Karaniya.

“Tapi yang selama ini ingin disampaikan Prof Mahfud,  selama ini berusaha dan bersepakat dengan Mas Ganjar bahwa meskipun beliau sebagai pejabat publik, sebagai Menko Polhukam tetapi beliau betul-betul ingin menghindari adanya konflik kepentingan. Sehingga dari sisi kami itu selalu dengan sebenar-benarnya selalu menghindarkan adanya penyalahgunaan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye.”

Baca Juga: Timnas AMIN: JK akan Konsentrasi di Level Atas dan Indonesia Timur saat Kampanye Akbar

Maka itu, kata Karaniya, pihaknya mengaku prihatin dengan adanya pembagian bansos dari anggaran negara tapi kemudian dipolitisasi.

“Bansos itu betul-betul berasal dari anggaran negara, itu dipolitisi dan dipersonifikasi seolah-olah kalau tidak memilih paslon tertentu tidak mendapatkan bansos, bansos adalah milik person tertentu, nah inilah yang saya kira sangat menjadi latar belakang dari Prof Mahfud begitu,” ujar Karaniya.


 

“Karena itu, Prof Mahfud semacam memberikan pesan moral, protes moral, ayolah kita kembalikan, bahwa ini jangan terlalu jauh. Saya kira ada banyak hal terlalu jauh, sudah melampaui batas, dimana fasilitas negara disalahgunakan. Bansos yang sebetulnya berasal dari negara, berasal dari uang rakyat, berasal dari pajak kita semua itu diklaim untuk keperluan paslon tertentu.”

Baca Juga: Siti Nurbaya: Data Deforestasi Mahfud MD Salah, Dia Mesti Ngerti Deforestasi Itu Apa

Sebelumnya kemarin, Mahfud MD blak-blakan mengaku sudah sejak lama ingin mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam. Bahkan, kata Mahfud, hal itu dirasakannya ketika akan melakukan debat pertama.

“Saya merencanakan mengundurkan diri sebenarnya sudah lama ketika akan mulai debat pertama,” ucap Mahfud MD.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x