Kompas TV nasional rumah pemilu

Akan Lanjutkan dan Kuatkan Reforma Agraria, Gibran Jelaskan MoU Mahkamah Agung dan Kementerian ATR

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 06:00 WIB
akan-lanjutkan-dan-kuatkan-reforma-agraria-gibran-jelaskan-mou-mahkamah-agung-dan-kementerian-atr
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan visi dan misi dalam debat cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku akan melanjutkan dan menguatkan program reforma agraria yang sudah berjalan.

Hal itu disampaikan Gibran dalam debat keempat Pilpres 2024 atau debat kedua cawapres, di Jakarta, Minggu (21/1/2024), menjawab pertanyaan panelis mengenai strateginya untuk mengembalikan tujuan reforma agraria.

“Untuk program reforma agraria akan kami kuatkan dan kami sempurnakan. Sekarang sudah ada program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap)  sudah berhasil membagikan sekitar 110 juta sertifikat,” tuturnya.

“Dulu sebelum ada program ini hanya bisa menghasilkan dan membagikan 50 ribu sertifikat. Bayangkan, itu butuh berapa tahun untuk menyelesaikan masalah.”

Saat ini, lanjut Gibran, juga sudah ada program redistribusi tanah, termasuk untuk tanah eks hak guna usaha (HGU).


 

“Sekarang juga sudah ada program redistribusi tanah, tanah-tanah eks HGU dan lain-lain disimpan di bank tanah untuk nanti diredistribusi ulang kepada para pengusaha lokal, petani lokal, dan lain-lain.”

Baca Juga: [FULL] Closing Statement 3 Cawapres, Momen Gibran Bungkuk Berkali-kali ke Cak Imin dan Mahfud MD

“Sekarang juga ada program one map policy, ini sangat-sangat berguna sekali untuk mengurangi adanya konflik-konflik sengketa tanah, mafia tanah, dan lain-lain,” tambahnya.

Sebab, lanjut Gibran, pada program tersebut data base pertanahan sudah dalam bentuk digital, dan mencantumkan batas-batas lahan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x