Kompas TV nasional peristiwa

Anies dan Ganjar Sepakat Alat Peraga Kampanye yang Membahayakan Pengguna Jalan Dibersihkan

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 22:31 WIB
anies-dan-ganjar-sepakat-alat-peraga-kampanye-yang-membahayakan-pengguna-jalan-dibersihkan
Jejeran baliho kampanye Pemilu 2024 di Jalan Hertasning, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/12/2023). (Sumber: Reny Sri Ayu Arman/Kompas.id)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus kecelakaan akibat alat peraga kampanye mendapat sorotan dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. 

Korbannya merupakan pasangan suami istri berinisial M Salim (68) dan Oon (61). Korban mengalami kecelakaan lantaran motor yang dikendarai tersangkut bendera partai yang terpasang di sepanjang jalan layang kuningan, jalan Gatot Subroto, Rabu (17/1/2024). 

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menilai sejatinya pemasangan alat peraga kampanye (APK) sudah ditetapkan oleh KPU. 

Menurutnya Bawaslu dan KPU bisa membersihkan jika APK, baik berupa spanduk, baliho ataupun bendera partai yang tidak tertib. Tak terkecuali spanduk dan baliho Ganjar-Mahfud. 

"Saya setuju kalau dibersihkan itu. Dibersihkan, diatur, dibatasi, kasih tempat," ujar Ganjar saat ditemui di sela kampanye di Ngawi, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Ketua Bawaslu soal Alat Peraga Kampanye Makan Korban: Kami Minta KPU Ingatkan Peserta Pemilu

Ganjar menambahkan pihaknya juga telah meminta relawan dan pendukung untuk mengikuti aturan KPU dalam pemasangan APK. 

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud juga telah memberikan sosialisasi kepada relawan, pendukung dan tim kampanye di daerah untuk memindahkan baliho, spanduk yang tidak sesuai tempat. 

"Yok kita semua yang punya atribut pasangan kita perbaiki. Saya juga kemarin menyampaikan ke pendukung Ganjar-Mahfud perbaiki dong. Ini tidak mudah tapi harus kita lakukan," ujar Ganjar. Dikutip dari Kompas.com

Terpisah Capres nomor urut 1, Anies Baswedan mendorong agar tim pemenangan Anies-Muhaimin bisa mengedepankan keselamatan pengguna jalan dalam pemasangan APK. 

Anies menjelaskan sedari awal Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) selalu mengikuti aturan main yang sudah dibuat oleh KPU. Termasuk dalam pemasangan APK. 

Baca Juga: Kakek-Nenek Alami Luka Serius Karena Jatuh Tersangkut Alat Peraga Kampanye di Mampang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x