Kompas TV nasional peristiwa

Wapres Ma'ruf Amin Kenang Buya Syakur sebagai Ulama Karismatik Indonesia

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 18:09 WIB
wapres-ma-ruf-amin-kenang-buya-syakur-sebagai-ulama-karismatik-indonesia
 KH Syakur Yasin atau yang akrab dikenal Buya Syakur meninggal dunia pada hari ini, Rabu (17/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Youtube KH Buya Syakur Yasin MA.)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian KH Syakur Yasin atau lebih dikenal sebagai Buya Syakur, yang meninggal dunia pada Rabu (17/1/2024) dini hari di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat.

Ma'ruf memuji Buya Syakur sebagai seorang ulama yang cerdas, karismatik, yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam masyarakat sehingga warisan kebaikan dan ilmunya akan terus dikenang.

Baca Juga: Buya Syakur Wafat, Sujiwo Tejo: Selamat Berpulang, Sampai Jumpa

"Beliau bukan hanya penyebar risalah agama Islam, melainkan juga pembawa pesan kebijaksanaan dan cinta kasih untuk sesama,” ujar Ma'ruf dikutip dari Antara.

"Saya mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas wafatnya Prof Dr KH Abdul Syakur Yasin," lanjutnya.

Ia melanjutkan, kepergian Buya Syakur adalah kehilangan besar tidak hanya bagi keluarganya, tetapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia.

Baca Juga: Profil Buya Syakur, Ulama Indramayu yang Meninggal Dunia Hari Ini

Ma'ruf Amin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Buya Syakur, terutama kepada Pondok Pesantren Cadangpinggan di Kertasemaya, Indramayu. Wapres berharap agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini.

“Kepada segenap keluarga Buya Syakur, khususnya keluarga besar Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kertasemaya, Indramayu, semoga diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Buya Syakur lahir pada tahun 1948 di Desa Tulungagung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dikenal luas karena wawasannya yang mendalam dalam agama dan kebudayaan.

Baca Juga: Kabar Duka, Ulama Indramayu Buya Syakur Meninggal Dunia

Setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun di Pondok Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon, beliau juga mengembara ke berbagai negara seperti Irak, Suriah, Libya, Tunisia, Mesir, bahkan sampai ke Oxford, Inggris, untuk menimba ilmu dan pengalaman.

Wapres juga berdoa agar Buya Syakur, yang dianggap sebagai salah satu ulama yang paling berpengaruh di Indonesia, diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah.

“Semoga almarhum, almaghfurllah, Buya Syakur diampuni segala kekhilafannya, diterima segala amal kebaikannya, dan ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” ujar Wapres Ma'ruf Amin mendoakan.

Baca Juga: Kenang Satu Tahun Wafatnya Buya Syafii, Maarif Institute Gelar Memorial Lecture


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x