Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Negara di IKN

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 12:21 WIB
jokowi-lakukan-peletakan-batu-pertama-pembangunan-masjid-negara-di-ikn
Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis (2/11/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama dalam pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Pembangunan Masjid Negara merupakan groundbreaking tahap ke-4 dalam pembangunan IKN.

“Alhamdulillah pada siang hari ini kita melakukan groundbreaking, peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di ibu kota Nusantara,” ucap Jokowi di IKN, Rabu, dipantau secara daring.

Dia menuturkan, Masjid Negara di IKN bisa menampung 61 ribu orang. Nantinya, lanjut Jokowi, bangunan Masjid Negara di IKN akan dikelilingi oleh air yang berasal dari embung buatan.

“Sehingga saya membayangkan masjid ini adalah masjid yang akan sangat indah dari luar dan juga akan sangat indah interiornya dari dalam,” kata Jokowi.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Dibanding Orde Baru, Tidak Ada Apa-apanya Kebaikan Jokowi soal Pembangunan

Ke depan, dia mengatakan, tidak hanya Masjid Negara yang akan dibangun di IKN tapi juga rumah ibadah agama lain.

“Di kawasan ini bukan hanya masjid yang dibangun tetapi juga gereja, katedral, wihara, pura, klenteng yang ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” jelas Jokowi.

Dia menuturkan, nilai konstruksi pembangunan Masjid Negara di IKN mencapai Rp940 miliar. Angka yang besar tersebut, kata Jokowi, karena Masjid Negara di IKN sangat besar dan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan.

“Nilai konstruksinya sebesar Rp940 miliar. Memang sangat besar sekali masjid ini nanti dan masjid ini juga dilengkapi dengan infrastruktur kawasan seperti landskap, utilitas kawasan tentu saja jalan dan jembatan dan dibangun kurang lebih 400 hari kalender. Ditargetkan akhir tahun ini saya dibisiki bisa selesai, insyaallah bisa selesai,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Projo: Maruarar Mundur dari PDIP Kabar Gembira untuk Barisan Pak Jokowi

Dia berharap Masjid Negara di IKN bisa merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Tempat yang nyaman bagi umat muslim melakukan berbagai aktivitas keagamaan, aktivitas sosial lainnya dan menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara kita,” kata Jokowi.

“Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara.”


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x