Kompas TV nasional rumah pemilu

Analisis Hasil Survei Litbang Kompas tentang Elektabilitas Capres-Cawapres 2024 di Jawa Tengah

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 11:23 WIB
analisis-hasil-survei-litbang-kompas-tentang-elektabilitas-capres-cawapres-2024-di-jawa-tengah
Hasil survei Litbang Kompas pada November hingga Desember 2023 menunjukkan elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres 2024 di Jawa Tengah. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hasil survei nasional Litbang Kompas pada 29 November hingga 4 Desember 2023 menunjukkan, pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bersaing ketat dalam perolehan suara di Jawa Tengah (Jateng).

Jateng diketahui memiliki sepuluh daerah pemilihan (dapil).

Analisis Litbang Kompas menyebut pasangan Ganjar-Mahfud unggul di dapil Jawa Tengah III, Jawa Tengah IV, Jawa Tengah V, dan Jawa Tengah X, atau di wilayah Jawa Tengah bagian timur.

Dari keempat dapil tersebut, dominasi Ganjar-Mahfud paling kentara di dapil Jawa Tengah X yang meliputi Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Baca Juga: Kala Capres Ganjar Ngopi Bareng Sopir Truk di Batang, Hingga Dengar Curhatan soal Pungli

Menurut survei tersebut, 53,2 persen responden di dapil Jawa Tengah X memilih Ganjar-Mahfud, 27,5 persen mendukung Prabowo-Gibran, dan 4,3 persen Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ganjar-Mahfud dinilai dapat menjaga soliditas suara di dapil Jawa Tengah V yang mencakup Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Padahal, cawapres nomor urut 2, Gibran, masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Di dapil V, Ganjar-Mahfud meraih persentase dukungan sebanyak 38,6 persen, sedangkan responden yang memilih Prabowo-Gibran 24,1 persen.

Di Dapil Jateng IV yang mencakup wilayah Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen, Ganjar-Mahfud meraih 46,5 persen suara responden pemilih.

Sedangkan di Dapil Jawa Tengah III yang mencakup Grobogan, Blora, Rembang, dan Pati, tingkat keterpilihan Ganjar-Mahfud berada di angka 31,3 persen.

Sementara Prabowo-Gibran meraih angka 25,9 persen di Dapil Jateng III, dan di Dapil IV sebanyak 10,6 persen.

Hasil survei tersebut juga mencatat pasangan Prabowo-Gibran menguasai dapil Jawa Tengah I, II, VI, VII, VIII dan IX, atau Jateng bagian barat hingga tengah.

Baca Juga: Hari Ini Anies Lanjutkan Kampanye di Sorong, Ganjar di Jawa Tengah, Prabowo?

Berdasarkan hasil survei tersebut, dominasi pasangan Prabowo-Gibran terlihat paling mencolok di dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Tegal, Brebes, dan Kota Tegal, yakni 53,2 persen.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x