Kompas TV nasional rumah pemilu

3 Pasangan Capres-Cawapres Bakal Hadiri Undangan KPK Hari Ini

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 07:54 WIB
3-pasangan-capres-cawapres-bakal-hadiri-undangan-kpk-hari-ini
Kolase foto nomor urut pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) akan memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kegiatan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas).

KPK mengundang ketiga paslon untuk menghadiri kegiatan di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, hari ini, Rabu (17/1/2024).

Ketiga paslon tersebut adalah nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Anies menyebut tidak ada persiapan khusus untuk menghadiri kegiatan tersebut. Hal itu disampaikan seusai dijamu makam malam oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Restoran Kayubangkoa, Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (16/1/2024).

"Insyaallah hadir. Dari sini (Makassar) langsung ke sana (Jakarta), tidak ada persiapan khusus itu," kata Anies, dikutip Antara.

Baca Juga: 93 Pegawai KPK yang Diduga Terlibat Pungli di Rutan Bakal Disidang Etik Mulai Besok

Mantan gubernur DKI itu berada di Sulsel untuk berkampanye di Lapangan Cina, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone dan menghadiri undangan Kalla untuk menghadiri peringatan hari jadi pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan pada Rabu (17/1).

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan ketiga paslon peserta Pilpres 2024 telah mengonfirmasi akan menghadiri acara Paku Integritas.

"Pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir," kata Ali di Jakarta, Selasa, 9 Januari 2024.

Menurut Ali, kegiatan tersebut bukan sarana untuk saling adu gagasan pemberantasan korupsi, melainkan pembekalan antikorupsi serta penyampaian komitmen masing-masing kandidat untuk pemberantasan korupsi.

Paku Integritas akan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas pemberantasan korupsi. Paku Integritas juga dihadiri oleh pihak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Strategi Paslon Berantas Korupsi

Sebelumnya, ketiga capres sempat mengungkapkan strateginya masing-masing dalam memberantas korupsi di Indonesia jika menang dalam Pilpres 2024.

Anies berjanji akan memiskinkan koruptor jika terpilih menjadi presiden. Menurutnya, koruptor sudah merusak negeri ini.

Para pemakan uang rakyat itu, kata Anies, membuat jutaan hidup orang menjadi sengsara.



Sumber : Antara, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x