Kompas TV nasional rumah pemilu

Jadwal dan Format Debat Keempat Capres-Cawapres 2024: Panggung Gagasan Para Calon Wakil Presiden

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 15:03 WIB
jadwal-dan-format-debat-keempat-capres-cawapres-2024-panggung-gagasan-para-calon-wakil-presiden
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres, di Kantor KPU, Selasa (14/11/2023). Debat perdana capres digelar malam ini, Selasa (12/12). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan lanjutan serangkaian debat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024 keempat yang akan berlangsung pada Minggu (21/1/2024). Debat mendatang menjadi penting karena menampilkan para calon wakil presiden (cawapres) saling bertarung dalam ide dan gagasan.

Debat ini merupakan bagian dari lima debat yang direncanakan, di mana tiga di antaranya khusus untuk capres dan dua lainnya untuk cawapres. KPU mengonfirmasi bahwa format debat keempat ini tidak akan berbeda dari debat-debat sebelumnya dan memastikan konsistensi dalam penyampaian dan diskusi isu.

Baca Juga: Ari Dwipayana: Presiden Jokowi Tidak Terganggu Wacana Pemakzulan, Beliau Tetap Bekerja

Lokasi dan Tema Debat Keempat

Debat keempat akan diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Minggu 21 Januari 2024 pukul 19.00 WIB.

Debat akan mengangkat tema-tema krusial seperti pembangunan berkelanjutan, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta kehidupan masyarakat adat dan desa.

Tema-tema ini dipilih karena relevansinya dengan tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia saat ini, serta pentingnya bagi masa depan negara.

Baca Juga: Telan Kekalahan di Piala Asia 2023, Ranking FIFA Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia Turun

Peserta debat kali ini adalah tiga calon wakil presiden, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Mereka akan beradu pandangan dan strategi tentang isu-isu nasional yang diangkat. Setiap cawapres akan memiliki kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari panelis, serta berinteraksi langsung dengan cawapres lainnya melalui pertanyaan yang terkait dengan tema debat.

Baca Juga: Respons Anies Saat Diteriaki 'Prabowo' Kala Berkampanye di Sorong

Debat ini memberikan kesempatan kepada pemilih untuk memahami lebih dalam mengenai visi dan rencana para calon dalam mengatasi berbagai isu strategis.

KPU akan mengumumkan informasi tambahan seperti daftar panelis dan nama moderator debat pada 17 Januari 2024.


Baca Juga: Fakta-Fakta Kebakaran New Orange Karaoke di Tegal: Tewaskan 6 Orang, Diduga karena Korsleting

"Tidak ada perubahan apa pun, kecuali memang perubahan itu kan terkait dengan tema, nah tema yang nanti didebat ke-4 itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-panelis," terang Komisioner KPU August Mellaz dikutip dari Kompas.com, Senin (15/1).

Debat keempat capres-cawapres ini, dengan fokusnya pada para cawapres dan tema-tema penting, diharapkan menjadi momen penting dalam menentukan arah masa depan Indonesia. KPU berupaya untuk menjadikan debat ini sebagai forum yang informatif, transparan, dan mendidik bagi masyarakat.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x