Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Dukungan Khofifah Tambah Daya Gedor Kubu Prabowo-Gibran di Jatim

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 12:33 WIB
pengamat-dukungan-khofifah-tambah-daya-gedor-kubu-prabowo-gibran-di-jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Sumber: ANTARA/HO-Adm Pemprov Jatim)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Elektabilitas Prabowo-Gibran dinilai akan meningkat dengan bergabungnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke Tim Kampanye Nasional (TKN).

Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (11/1/2024).

“Ya, tentu ini menambah daya gedor dari kubu Prabowo-Gibran,” kata Ujang.

“Tentu dengan dukungan (Khofifah) ke Prabowo-Gibran bisa mendongkrak elektabilitas mereka, karena posisi gubernurnya itu menentukan dan sangat disukai oleh masyarakat Jawa Timur.”

Baca Juga: Ganjar Respons Khofifah Dukung Prabowo-Gibran: Kami Bukan Capres yang Gampang Khawatir

Sebab, kata Ujang, Khofifah memiliki latar belakang sebagai ketua umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) yang diyakini mampu meraup ceruk suara warga Nahdliyin di seluruh Indonesia.

“Dalam konteks ceruk suara Nahdliyin kemungkinan besar di Jawa Timur akan berpihak mendukung Prabowo-Gibran, karena kita tahu ada Khofifah, ada Pakde Karwo (mantan gubernur Jawa Timur Soekarwo), juga lalu ada tokoh NU lain ke pasangan calon nomor urut 2. Jadi, kelihatannya suara Nahdliyin tertarik ke nomor 2,” jelas Ujang.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa menyatakan bersedia bergabung dengan TKN Prabowo-Gibran pada Rabu, 10 Januari 2024.

“Saya sudah pulang umrah. Sesuai janji saya, bahwa saya siap masuk TKN,” kata Khofifah.

Terpisah, Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengatakan Khofifah akan menjadi Dewan Pengarah di TKN Prabowo-Gibran sekaligus juru kampanye.

Baca Juga: Hasto Ungkap Tim Ganjar-Mahfud Bangun Komunikasi dengan Anies-Muhaimin, Ini yang Dibahas

“Kita sangat bersyukur dan Alhamdulillah karena Ibu Khofifah gabung bersama-sama dengan kami di TKN. Dan beliau tadi baru saya bikin SK-nya karena beliau sudah bersedia untuk menjadi dewan pengarah di TKN, sekaligus jurkam nasional di TKN itu sk-nya sudah kita bikin,” kata Rosan.

Rosan menuturkan dengan bergabungnya Khofifah, TKN Prabowo-Gibran menargetkan kemenangan 65 persen di Jawa Timur pada Pilpres 2024.


 

“Di Jawa Timur inshaAllah kita targetnya dengan adanya Bu Khofifah inginnya sih sampai 65%, jadi target kita adalah 65% di Jawa Timur,” ucap Rosan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x