Kompas TV nasional humaniora

Jadi yang Terakhir untuk Jokowi, Perayaan HUT ke-79 RI di IKN Mulai Dipersiapkan

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 19:53 WIB
jadi-yang-terakhir-untuk-jokowi-perayaan-hut-ke-79-ri-di-ikn-mulai-dipersiapkan
Sesmen Setneg Setya Utama bersama Kasetpres Heru Budi Hartono dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa (09/01/2024). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah mulai mempersiapkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmen Setneg) Setya Utama mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat perdana terkait hal itu dengan melibatkan berbagai pihak. 

“Kami dipimpin Pak Kasetpres tadi dengan semua kementerian, lembaga, kemudian dari TNI dan Polri, melakukan rapat pertama, rapat besar pertama untuk persiapan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 yang akan dilakukan di Ibu Kota Negara Nusantara, itu yang pertama kalinya,” kata Sesmen Setneg dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/1/2024).

“Kita punya waktu delapan bulan, dan biasanya memang di Jakarta pun di Istana Negara Jakarta pun kita laksanakan persiapan jauh-jauh hari, nah untuk IKN kita mulai dari Januari ini,” tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan, dirinya meminta setiap bidang dalam pelaksanaan HUT RI, agar dapat segera melakukan pembahasan persiapan masing-masing bidang sesuai dengan kondisi IKN.

Baca Juga: Stafsus Sri Mulyani Tanggapi Prabowo soal Anggaran Kemenhan Banyak yang Tak Disetujui saat Pandemi

“Saya minta perbidang, ada bidang komunikasi, bidang upacara, bidang sarana prasarana, infrastruktur untuk segera mereka bidang-bidang itu merapatkan—membahas sesuai dengan bidangnya, dan tentunya membahas terkini yang disesuaikan dengan kondisi IKN pada saat nanti bulan Agustus,” ujarnya, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Heru Budi juga meminta kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk segera menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Termasuk memulai proses latihan lebih cepat dari biasanya.  

“Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi, termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa mulai Maret sudah ada, sehingga latihannya sudah sedini mungkin. Yang pertama mungkin latihannya ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN, dan lanjut nanti persiapan-persiapannya di bulan Juni, Juli, dan Agustus,” terangnya. 

Terkait dukungan sarana prasarana, Pj Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa telah dimulai juga pembahasan mengenai akomodasi untuk kebutuhan menginap setiap pihak yang akan terlibat dalam gelaran HUT RI perdana di IKN. Nantinya akomodasi akan tersebar di sejumlah tempat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x