Kompas TV nasional politik

Tanpa Jokowi, Perayaan HUT PDI-P akan Tetap Jalan, Hasto: Sesuai Jati Diri PDI-P Berasal dari Rakyat

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 06:05 WIB
tanpa-jokowi-perayaan-hut-pdi-p-akan-tetap-jalan-hasto-sesuai-jati-diri-pdi-p-berasal-dari-rakyat
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo tidak akan menghadiri acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan pada 10 Januari 2024. 

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menjelaskan, pihaknya telah mendapat informasi Presiden Jokowi akan ada kunjungan kerja ke luar negeri.  

Informasi yang diterima DPP PDI-P, Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Filipina. Menurut Hasto, meski tak dihadiri Jokowi, HUT ke-51 PDIP dengan tema Satyam Eva Jayate atau Kebenaran Pasti Menang akan tetap berjalan. 

"Sesuai dengan jati diri PDI-P yang berasal dari rakyat, maka kegiatan HUT pada 10 Januari nanti akan diwarnai oleh gerakan turun ke bawah. Sehingga peringatan HUT PDI-P akan dilakukan di basis-basis rakyat," ujar Hasto saat jumpa pers di DPP PDI-P, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).  

Hasto menambahkan, HUT ke-51 PDI-P ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Perayaan HUT PDI-P akan dilakukan hingga di tingkat RT dan RW di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Melawat ke Luar Negeri Saat HUT PDIP, Ari Dwipayana: Enggak Menghindar

Tujuannya, agar masyarakat bisa ikut terlibat dalam setiap rangkaian ataupun kegiatan HUT PDI-P. Semisal dalam program penghijauan seperti penanaman pohon dan membersihkan sungai. 

Kader-kader PDIP juga membuka dapur umum dan mengerahkan ambulans untuk membantu masyarakat. Di luar itu, PDI-P juga mengelar kegiatan kebudayaan. 

"Perayaan HUT ini akan dilaksanakan di banyak daerah. Sebagaimana tradisi HUT PDI-P akan dibuka pada 10 Januari dan diakhiri pada 31 Mei 2024 yang kemudian dilanjutkan dengan bulan Bung Karno," ujar Hasto. 

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan pekan depan Presiden Jokowi memiliki agenda kunjungan kenegaraan ke beberapa negara ASEAN. 

Ari tidak bisa memastikan apakah sebelum kunjungan ke luar negeri, Presiden Jokowi akan menghadiri perayaan HUT PDI-P. 

Baca Juga: Jokowi Makan Malam Bareng Prabowo, Ganjar: Lebih Baik Ditegaskan Saja Saya Berpihak

Namun jika melihat rancangan agenda yang disusun, kemungkinan Jokowi tidak bisa hadir di HUT ke-51 PDI-P pada 10 Januari 2024. 

Ari juga membantah anggapan Presiden Jokowi sengaja keluar negeri untuk menghindari pertemuan dengan PDI-P. Sebab, kunjungan kenegaraan sudah dirancang dari jauh-jauh hari.

"Nggak, lah (menghindar), pasti sudah ada rencana yang sudah diatur," ujar Ari di Istana, Jumat (5/1/2024).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x