Kompas TV nasional hukum

Bantah Perlakuan Khusus di Lapas untuk Ferdy Sambo, Menkumham: Itu Hoaks, Dia Tetap di Sel

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 16:44 WIB
bantah-perlakuan-khusus-di-lapas-untuk-ferdy-sambo-menkumham-itu-hoaks-dia-tetap-di-sel
Menkumham Yasonna H. Laoly : transformasi digital di semua lini merupakan solusi di tengah kondisi yang penuh dengan tantangan ini. (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memastikan tidak ada perlakuan khusus untuk setiap warga binaan. Termasuk kepada Ferdy Sambo, terpidana pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Yasonna juga memastikan informasi yang disampaikan advokat Alvin Lim yang menyebut Ferdy Sambo tidak tidur di dalam sel Lapas Salemba tidak benar. 

Ia menjelaskan, Ferdy Sambo hanya lima hari di Lapas Salemba, kemudian dipindahkan ke Lapas Cibinong.

Sementara Alvin Lim menjalani putusan pidana di Lapas Salemba setelah Ferdy Sambo dipindahkan. 

"Dia itu (Alvin Lim) dari tanggal 16-29 Agustus selama sakit di rumah sakit, Sambo cuma 24-29 Agustus di situ (Lapas Salemba). Kapan ketemunya dia," ujar Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga: Isu Ferdy Sambo Ditahan di Kamar AC, Direspons Mahfud MD hingga Dibantah Menkumham

Yasonna menambahkan, selama di Lapas Salemba, Ferdy Sambo mendapat perlakuan sama dengan warga binaan lainnya, sehingga tidak mungkin mantan Kadiv Propam Polri itu tidak ditahan di dalam sel.

Ia kembali menegaskan kabar Ferdy Sambo tak pernah ditahan di sel lapas merupakan informasi tidak benar alias hoax atau hoaks. Sebab, sejak awal hingga saat ini, Sambo tetap berada di dalam sel tahanan. 

"Hoaks, lah, iya (tetap di sel). Enggak ada perlakuan khusus, makanya di Lapas Cibinong," ujar Yasonna. 

Sebelumnya, pernyataan advokat Alvin Lim menjadi disorot publik lantaran menyebut Ferdy Sambo tidak pernah tidur dalam sel lapas Salemba. 

Alvin Lim mengungkap mantan Kadiv Propam Polri itu tidur di ruangan berpendingin atau AC. Ia membongkar hal itu usai dirinya bebas dari Lapas Salemba atas kasus pemalsuan surat. 

Baca Juga: Putri Candrawathi Terima Remisi Natal Satu Bulan, Ferdy Sambo Tidak Dapat

Pernyataan Ferdy Sambo tak tidur di dalam lapas itu diungkap Alvin Lim dalam podcast dokter Richard Lee yang tayang di kanal YouTube dr Richard Lee, MARS, Rabu (3/1/2024). 

"Saya kasih tahu hal yang menarik ya Pak, Sambo bilangnya di Lapas Salemba kan, dia tidak pernah ditahan di Lapas Salemba. Namanya doang di situ," ujar Alvin dalam podcast dr. Richard Lee. 

"Itu Sambo tidak pernah tidur dalam penjara, di kantor KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan) di atas, gedung ruang ada AC. Namanya doang di situ," ujarnya lagi.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x