Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Sebut Persiapan Debat Ketiga Pilpres 2024 sudah 90 Persen

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 08:39 WIB
kpu-sebut-persiapan-debat-ketiga-pilpres-2024-sudah-90-persen
Komisioner KPU August Mellaz saat berbicara dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, Selasa (16/8/2022) (Sumber: Tangkapan layar siaran kanal YouTube KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui komisionernya August Mellaz mengatakan, persiapan debat pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2024 berikutnya telah mencapai 90 persen.

"90 (persen) lah," kata August Mellaz kepada wartawan di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2024) malam..

Mellaz menyebut, tempat penyelenggaraan debat sudah ditetapkan, termasuk desain lay out panggung yang disebutnya tak mengalami banyak perubahan.

Meski demikian, ia mengaku bahwa lokasi pelaksanaan debat ketiga akan berubah, tetapi ia belum mau menjelaskan tempatnya.

"Ya teoritis, kan sebenarnya sudah tinggal bagian-bagian akhir saja. Misalnya tempatnya sudah definitif, kemudian layout-nya teoritis tidak akan banyak mengalami perubahan dibandingkan debat kedua karena posisinya juga indoor," ucapnya.

Baca Juga: Jelang Debat Capres: Anies Baca-Baca, Prabowo Optimistis, Ganjar Singgung Pembelian Pesawat Bekas

"Ya paling tempat saja (berubah),” ungkapnya.

Mengenai teknis pelaksanaan debat, lanjut Mellaz, secara prinsip tetap sama, yakni 150 menit dengan durasi debat 120 menit.

“Kalau yang lain kan sebenarnya prinsipnya sama, jadi kalau dari sisi waktu 150 menit, untuk on air-nya sendiri posisi 150 menit itu untuk debatnya kan 120 menit, 30 menitnya kan untuk jeda iklan. Dibagi dalam 6 segmen. Kemudian alur tiap segmen sudah diatur di situ," sambungnya.

"Hanya lokasinya yang beda, tentu obstacle-nya juga beda," ujarnya, dikutip Tribunnews.com.

Sebagai informasi, debat ketiga capres-cawapres 2024 akan digelar pada Minggu (7/1/2024).

Adapun tema debat ketiga adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Baca Juga: Tanggapan TPN soal MNC Group Untungkan Ganjar di Debat Ketiga Pilpres 2024

Sementara, Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 1 Anies Baswedan mengaku mulai membaca dan ngobrol untuk persiapan pelaksanaan debat kedua capres atau debat ketiga Pilpres 2024.

Anies menyebut, hal itu ia lakukan untuk menyegarkan ingatan tentang tema yang bakal diusung dalam debat 7 Januari 2024 mendatang.

“Debat, ya mulai baca-baca, mulai ngobrol-ngobrol, merefresh memori kita tentang tema-tema yang nanti akan diangkat di debat,” ucapnya, dikutip dari video Kompas.TV.



Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x