Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Debat Capres: Anies Baca-Baca, Prabowo Optimistis, Ganjar Singgung Pembelian Pesawat Bekas

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 07:47 WIB
jelang-debat-capres-anies-baca-baca-prabowo-optimistis-ganjar-singgung-pembelian-pesawat-bekas
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat calon presiden (capres) Pilpres 2024 pada Minggu (7/1/2024). 

Adapun debat capres kedua itu akan mengangkat tema terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Lantas bagaimana persiapan capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam menghadapi debat nanti? 

Baca Juga: Tanggapan TPN soal MNC Group Untungkan Ganjar di Debat Ketiga Pilpres 2024

Anies mengaku sedang fokus memperdalam tema debat tersebut dengan membaca dan berdiskusi dengan para ahli. 

"Debat, ya, mulai baca-baca, mulai ngobrol-ngobrol, untuk me-refresh memori kita tentang tema-tema nanti yang akan diangkat di debat," kata Anies di Yogyakarta, Minggu (31/12/2023), seperti dikutip dari YouTube Kompas TV

Sementara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rakabuming Raka mengatakan Prabowo tak melakukan persiapan khusus jelang debat capres nanti.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua TKN Habiburokhman dalam keterangannya pada Senin (1/1/2024).

"Tema-tema tersebut tentu sangat dipahami oleh Pak Prabowo. Beliau akan menyampaikan gagasan beliau yang diimplementasikan dalam visi-misi dan program paslon nomor urut 2," kata Habiburokhman. 

Menurutnya, prabowo akan fokus menyampaikan gagasan-gagasan terkait pertahanan dan geopolitik.

Selain itu, Prabowo dipastikan tak akan menyerang capres lain dalam debat nanti. 

"Jadi kami insyaallah sangat-sangat optimis dengan debat besok. Dan yang penting Pak Prabowo tak akan menyerang paslon-paslon lain terkait isu tema tersebut, lebih berkonsentrasi menyampaikan gagasan-gagasan," ujarnya. 

Adapun Ganjar mengaku akan mengkritik kebijakan Menteri Pertahanan Prabowo yang membeli pesawat-pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar.

"Kalau soal menguasai debat, keputusannya sesuai enggak, begitu aja. Kan kita tidak bisa lagi bicara pertahanan kita, tapi belinya pesawat bekas, enggak ada," kata Ganjar di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2023), seperti dikutip dari YouTube Kompas TV.

Baca Juga: Hasto PDIP Bicara Kesiapan Ganjar Jelang Debat Capres, Singgung Kebijakan Prabowo

Ia menyatakan telah banyak mendapatkan masukan untuk persiapan debat nanti dari kawan-kawan koalisi partai politik yang duduk di Komisi I DPR. 

"Banyak sekali masukan dari Komisi I (DPR), ada problem pertahanan, ada problem alutsista. Saya sangat optimis," katanya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x