Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelaskan Pengiriman Surat Suara untuk WNI di Taiwan, Jokowi Sebut Kantor Pos di Sana Tutup Agak Lama

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 09:28 WIB
jelaskan-pengiriman-surat-suara-untuk-wni-di-taiwan-jokowi-sebut-kantor-pos-di-sana-tutup-agak-lama
Ilustrasi. Berikut selengkapnya lima jenis surat suara yang wajib diketahui petugas KPPS di Pemilu 2024. (Sumber: KOMPAS.com/Mutia Fauzia)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan secara singkat alasan pengiriman terlebih dulu surat suara Pemilu 2024 untuk warga negara Indonesia (WNI) di Taipei, Taiwan.

Menurut Jokowi, berdasarkan penjelasan yang ia terima, pengiriman terlebih dulu surat suara tersebut karena kekhawatiran jadwal operasional kantor pos di Taipei.

"Tadi saya diceritakan bahwa memang ada kekhawatiran karena ini tahun baru, kantor pos tutup agak lama di sana, sehingga dikirim mendahului," kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Meski demikian, ia tidak mau berkomentar lebih banyak mengenai pengiriman surat suara tersebut dan menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

"Untuk teknisnya nanti biar Pak Ketua KPU yang menyampaikan," ujarnya, dikutip dari video Kompas.TV

Baca Juga: Ganjar Minta Komisi II Panggil KPU Klarifikasi Kisruh Surat Suara di Taipe

Sebelumnya, Hasyim mengaku menerima permohonan maaf dari Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei dan penjelasan pengiriman puluhan ribu surat suara kepada pemilih di Taiwan via pos.

"Pertama, pemilih kita di Taipei atau Taiwan sebagian besar atau didominasi oleh pekerja migran Indonesia (PMI)," kata Hasyim Asyari kepada wartawan dalam jumpa pers, Selasa (26/12).

Menurut Hasyim, pekerja migran di sana menghadapi kondisi yang beragam soal aturan dari penyedia kerja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x