Kompas TV nasional politik

4 RS Mulai Dibangun di IKN, Jokowi: Kalau Sudah Jadi Tidak Ada Lagi yang Berobat ke Luar Negeri

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 05:15 WIB
4-rs-mulai-dibangun-di-ikn-jokowi-kalau-sudah-jadi-tidak-ada-lagi-yang-berobat-ke-luar-negeri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan (groundbreaking) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (20/12/2023). (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah fasilitas pendukung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus dikebut. Salah satunya rumah sakit. 

Saat ini sudah ada empat rumah sakit yang mulai dibangun di ibu kota negara baru itu. Terbaru, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ibu Kota Nusantara, Kamis (21/12/2023).

Dalam sambutannya Presiden Jokowi berharap dengan dibangunnya fasilitas pendukung di IKN, ke depan masyarakat di Kalimantan, kususnya di Kalimantan Timur tidak lagi berobet ke luar negeri. 

Sebelumnya ada tiga rumah sakit yang mulai dibangun di IKN, yakni RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapada.

RSUP di IKN ini dibangun oleh pemerintah, yang akan berfokus pada pengobatan penyakit jantung dan stroke. Rencana ke depan akan ada tiga rumah sakit swasta lainnya yang akan dibangun di IKN.

Baca Juga: Realisasi Investasi di IKN Capai Rp41,4 T di 2023, Mayoritas Investor dalam Negeri

"Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya, tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya," ujar Jokowi, dikutip dari pemberitaan Sekretariat Kabinet, Kamis (21/12).

Dalam beberapa hari ke depan Presiden Jokowi melakukan peresmian sejumlah fasilitas pendukung di IKN.

Agenda Rabu (20/12), Jokowi meresmikan RSUP IKN yang diresmikan dibangun, peresmian pembangunan Nusantara Superblock.

Jokowi juga meninjau pembangunan Hotel Nusantara di IKN, penanaman pohon di lokasi Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis, Kawasan IKN.

"Yang paling penting yang sudah groundbreaking itu ada progresnya, ada perkembangan setiap bulan. Seperti tadi Hotel Nusantara misalnya sudah selesai 34 persen bagus. Saya tanya, sebelum Agustus selesai? selesai," ujar Jokowi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x