Kompas TV nasional politik

Rincian Debat Perdana Cawapres Malam Ini: Jadwal, Moderator, Tema, dan Format Adu Gagasan

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 07:00 WIB
rincian-debat-perdana-cawapres-malam-ini-jadwal-moderator-tema-dan-format-adu-gagasan
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tema-tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang harus diikuti paslon Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud. Debat perdana cawapres akan digelar Jumat (22/12) malam ini. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat pertama calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Umum 2023. Acara ini dijadwalkan pada Jumat, 22 Desember 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, masing-masing mewakili pasangan calon presiden mereka, akan berpartisipasi dalam debat ini.

Dua jurnalis berpengalaman, Liviana Cherlisa dari KompasTV dan Alfito Deannova dari Trans Corp, telah dipilih KPU untuk memimpin adu gagasan dari para cawapres malam ini.

Baca Juga: Jokowi akan Gratiskan Pajak Bagi Pengusaha Kecil di IKN

"Kita sepakati bersama, moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat cawapres besok tanggal 22 Desember adalah Alfito Deannova dari Transcorp dan Liviana Cherlisa dari Kompas TV," ujar Ketua KPU Hasyim Asyari, Senin (18/12/2023).

Jadwal, Waktu, dan Format Debat Adu Gagasan

Debat ini dijadwalkan berlangsung selama dua jam, dimulai pukul 19.00 WIB. Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung debat ini melalui beberapa stasiun televisi, termasuk KompasTV, Transcorp, dan BTV.

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran Sebut Program Makan Siang dan Susu Gratis Tak Pakai Anggaran Bansos

Tema debat kali ini fokus pada isu ekonomi, meliputi ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema dipilih untuk memberikan wawasan mendalam tentang rencana ekonomi masing-masing kandidat.

Format debat cawapres akan terbagi menjadi enam segmen, termasuk penyampaian visi, misi, dan program kerja, sesi tanya jawab, dan interaksi antarcawapres.

Baca Juga: Ini Dia Tema dan Topik Debat Perdana Cawapres 2024

Format ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang seimbang bagi setiap kandidat untuk mengekspresikan ide dan solusi mereka.

Sebelas panelis dari berbagai latar belakang profesional telah ditunjuk oleh KPU untuk memberikan pertanyaan dan pandangan selama debat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x