Kompas TV nasional rumah pemilu

Alam Ganjar saat Debat Perdana Capres: Siapkan Baju 'Sat Set' sang Ayah, 'Senggol Tipis' Gibran

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 09:30 WIB
alam-ganjar-saat-debat-perdana-capres-siapkan-baju-sat-set-sang-ayah-senggol-tipis-gibran
Putra capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putra capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, mengatakan bahwa dirinya ikut membantu mempersiapkan sejumlah hal untuk sang ayah yang tampil di debat perdana capres di Gedung KPU, Selasa (12/12/2023) malam.

Alam mengaku ikut mempersiapkan materi untuk Ganjar. Ia juga memberikan beberapa masukan kepada sang ayah. Menurutnya, ia juga melatih Ganjar untuk debat capres.

“Nggak sia-sia saya melatih ayah tadi malam,” kata Alam di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca Juga: Ganjar Imbau KPU agar Sesi Tanya Jawab di Debat Pilpres 2024 Diperbanyak, Ini Alasannya

Soal materi, Alam mengatakan bahwa ia mendapat beberapa informasi dari berkeliling di sejumlah kota dan pulau di Indonesia, termasuk Bandung, Jakarta, Sulawesi.

Aspirasi yang dia dapatkan dari berkeliling Indonesia itu ia sampaikan kepada Ganjar sebagai bahan materi saat debat capres.

“Kalau materi ya dikit-dikit memberikan masukan. Kan saya kemarin jalan-jalan ke Sulawesi, Bandung, Jakarta, dan lainnya. Itu dapat aspirasi yang aku sampaikan ke ayah,” jelasnya.

Menurutnya, penampilan Ganjar Pranowo dalam debat capres perdana cukup memuaskan. Pasalnya, sang ayah dapat menjawab pertanyaan dari panelis maupun capres lawan dengan meyakinkan.

Baca Juga: Sesi Saling Tanya Debat Capres: Anies Singgung Putusan MK, Prabowo Ungkit Polusi DKI

Selain soal materi, Alam juga ikut mempersiapkan busana sang ayah. Diketahui, Ganjar mengenakan kemeja putih bertuliskan “Sat Set”, serta sepatu sneaker yang juga bertuliskan sama.

“Saya ikut bantu ayah nyiapin penampilan malam ini. Nyiapin sepatu, baju, makanya bagus kan hari ini,” ucap dia.

Alam bertemu Gibran

Ditanya soal ia yang sempat bertemu dengan Gibran, Alam membenarkan. Ia mengaku hanya saling memberikan semangat agar dapat bersaing secara sehat di pilpres 2024.

Alam mengatakan pertemuannya dengan Gibran juga saling menanyakan kabar. Adapun saat itu Alam menanyakan kondisi Gibran dan ketidakhadiran istri Gibran, Selvi Ananda, karena sedang tidak sehat.

“Senggol-senggol tipis, tapi tetap semangat. Kasih semangat karena kita bersaing secara sehat ya," ujar Alam.

Baca Juga: Kapan Debat Capres-Cawapres 2024 Kedua? Ini Jadwal, Tema dan Pesertanya

Sebagai informasi, debat capres perdana yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah dilaksanakan Selasa (12/12) malam. Ketiga capres hadir, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Sejumlah panelis juga hadir dalam debat capres, di antaranya Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Undip), Khairul Fahmi (pakar hukum Unand).

Kemudian, Agus Riewanto ( pakar hukum tata negara UNS), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Unpad), Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017-2020), Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas'udi (Dekan Fisipol UGM).


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x