Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Imbau KPU agar Sesi Tanya Jawab di Debat Pilpres 2024 Diperbanyak, Ini Alasannya

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 06:10 WIB
ganjar-imbau-kpu-agar-sesi-tanya-jawab-di-debat-pilpres-2024-diperbanyak-ini-alasannya
Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat perdana di KPU, Jakarta, Selasa(12/12/2023) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berharap agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI lebih menyediakan sesi tanya jawab dalam debat Pilpres 2024 diperbanyak. 

Menurut dia, itu harus menjadi evaluasi dari pihak KPU, karena debat antarcapres itu menjadi pendidikan politik untuk masyarakat. 

"Ya, tanya jawabnya lebih banyak," kata Ganjar di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, usai mengikuti debat perdana capres, Selasa (12/12/2023) malam.

Baca Juga: Prabowo Bergaya Silat Saat Tanggapi Komentar Anies dan Ganjar di Debat Perdana Capres 2024

Menurut dia, bila durasi waktu debat sudah cukup, tapi sesi tanya jawab antarcapres yang perlu diperbanyak. 

"Bukan durasi. Ruang tanya jawabnya yang lebih banyak sehingga kata debatnya akan lebih bisa menunjukkan apa yang menjadi pikiran, refleksi dan jawaban spontan karena itu menunjukkan sikap," ujarnya.

Namun, mantan gubernur Jawa Tengah itu menyaampaikan apresiasi terhadap yang telah sukses menyelenggarakan debat antar capres perdana. 

"Mudah-mudahan cukup bisa mengedukasi dan masih ada debat-debat yang lain, kita harap masyarakat bisa mengikuti terus," imbuh Ganjar.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan rundown debat capres akan berlangsung selama 150 menit. 

Rinciannya, durasi debat total 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen. Sementara 30 menit sisanya untuk pariwara.

Segmen pertama adalah momen peserta Pilpres 2024 memaparkan visi dan misi sesuai tema yang ditetapkan. Capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima.

Baca Juga: TKN: Debat Berjalan Baik, Kami Yakin Prabowo Menang

Sesi terakhir khusus untuk penyampaian pernyataan penutup tiap capres.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x